blank

Ketua Ketua DPD Partai Nasdem Sukardi (kiri)  dan Ketua DPC PPP Mahbub Zaenal Abidin sepakat bergabung dalam satu fraksi  di DPRD Kabupaten Magelang. (Foto: SB/Tuhu)

 

BOROBUDUR – Dinamika perolehan kursi di DPRD Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, merubah sebagian komposisi fraksi-fraksi untuk masa bakti 2019-2024. Satu-satunya wakil rakyat dari Partai Demokrat bergabung pada PAN yang memiliki tiga kursi.

“Sehingga namanya menjadi Fraksi Amanat Demokrat,” kata kata Ketua DPD PAN, Ahmad Sarwo Edi, Selasa (27/8).

Pada periode 2014-2019, tiga wakil rakyat dari Partai Demokat bergabung pada Fraksi PDI Perjuangan.

Sedangkan dua wakil rakyat dari Partai Nasdem bergabung dengan Fraksi Partai Persatuan,  yang memiliki empat kursi. Hal ini sesuai garis kebijakan induk organisasi.

“Ada kesamaan pandangan dalam upaya untuk ikut serta membangun Kabupaten Magelang, dengan mengelola potensi yang ada, untuk kesejahteraan masyarakat, berdasarkan budaya dan kearifan lokal,”  kata Sukardi, Ketua DPD Partai Nasdem, Kabupaten Magelang.

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan Mahbub Zaenal Abidin, menambahkan,  ada kedekatan personal, baik jajaran pengurus maupun kader yang kini duduk di legislatif

Pertambahan jumlah kursi dari tiga menjadi enam, menjadikan PKS telah bisa membentuk fraksi sendiri. Sedangkan pada periode sebelumnya, tiga wakil rakyat dari PKS bergabung pada Fraksi Partai Golkar.

“Dengan demikian DPRD Kabupaten Magelang masa bakti 2019-2024 tambah satu fraksi menjadi tujuh,” kata Wakil Ketua Sementara DPRD, Muhammad Adib dari Fraksi PKB.

Adapun empat fraksi lain, yakni Fraksi PDI Perjuangan dengan 13 anggota, Fraksi PKB (8), Fraksi Partai Gerindra (7), serta Fraksi Partai Golkar (6).(Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)