blank
Philippe Coutinho/dok

BARCELONA – Masa depan Philippe Coutinho bersama Barcelona kian tak jelas. Gelandang serang 27 tahun itu dikabarkan bakal dijadikan alat tukar untuk mendatangkan Neymar Junior dari Paris Saint Germain. Selepas satu setengah berkostum Barca, performa Coutinho memang belum memuaskan. Padahal, dia didatangkan dengan banderol 140 juta euro dari Liverpool dan menjadi pembelian termahal sepanjang sejarah klub Catalan. Statistik Coutinho bersama Los Cules adalah mencetak 21 gol dan 11 assist dari 76 penampilan. Performanya dinilai tidak sebanding dengan harga mahalnya.

Situasi Coutinho di Los Azulgrana semakin tak menentu setelah manajemen mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Barca berencana memberikan seragam nomor 7 milik Coutinho kepada Griezmann. Ini seperti mengusir secara halus. Juga muncul isu petinggi Los Cules menyiapkan Coutinho sebagai bagian dari transfer Neymar pada musim panas ini. Barca memang inginĀ  memulangkan Neymar, tapi masih terganjal soal harga.

Agen Coutinho, Kia Joorabchian, menyatakan kecewa karena kliennya dipermainkan. Sebelumnya, Presiden Barca Josep Maria Bartomeu menegaskan takkan menjual eks bintang Liverpool itu. Joorabchian menagih janji Bartomeu terkait kliennya. Namun, dia tahu kalau penasihat Barca Andre Curry memaksakan Coutinho untuk dimasukkan dalam transfer Neymar. “Coutinho tidak menerima tawaran klub mana pun, karena kami menghormati keputusan Barcelona. Sayang, mereka tak bisa menjaga janjinya kepada kami. Sekarang mereka harus bilang jika ingin Coutinho pergi,” papar Joorabchian. (rr)