blank
Mgr Robertus Rubiyatmoko terlihat sedang bercakap-cakap dengan Bupati Grobogan Sri Sumarni. Obrolan keduanya berlangsung gayeng. Tampak ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto (tengah) ikut dalam pertemuan tersebut. Foto: Hana Eswe/ist.

GROBOGAN – Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko melaksanakan tugas pelayanan di Kabupaten Grobogan selama dua hari yakni Sabtu (22/6) dan Minggu (23/6). Dalam kesempatan tersebut, Mgr Robertus Rubiyatmoko secara khusus melakukan kunjungan ke Pemkab Grobogan. Didampingi tiga romo yakni Romo Rubidi, Romo Nano, dan Romo Harry serta perwakilan umat Katolik di Purwodadi, rombongan tersebut tiba di Kantor Dinas Bupati Grobogan.

Rombongan Monsinyur Rubi, sapaan akrab Mgr Robertus Rubiyatmoko tersebut diterima langsung Bupati Grobogan Sri Sumarni, Sabtu (22/6). Dalam kesempatan itu, Sri Sumarni juga didampingi Ketua DPRD Kabupaten Grobogan Agus Siswanto.

Obrolan serius tapi santai mengalir gayeng di ruangan tersebut. Menurut Kabag Humas Setda Grobogan Teguh Harjokusumo, kunjungan Uskup Agung ke Kota Purwodadi ini untuk melaksankan tugas panggilan pelayanan bagi umat Katolik di Kabupaten Grobogan. Hal ini juga dibenarkan Ketua DPRD Grobogan, Agus Siswanto yang juga ikut dalam kegiatan tersebut.

“Kehadiran Monsinyur Rubi di Kabupaten Grobogan ini untuk melayankan sakramen penguatan di dua gereja yakni di Gereja Katolik Hati Yesus Maha Kudus dan juga Gereja Katolik St Petrus Paroki St Maria Gubug. Sebagai unsur pemerintahan, kami bersyukur, Monsinyur Rubi berkenan datang ke Kabupaten Grobogan,” ujar Agus Siswanto.

Agus Siswanto yang juga jemaat Gereja St Petrus Gubug mengungkapkan, kehadiran uskup agung Semarang ini diharapkan dapat membawa umat Katolik yang terlibat dalam karya-karya pemerintahan.

“Terutama untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan sentuhan kasih dari kita sekalian,” ucap pria asal Gubug ini.

Umat Katolik Merasa Senang

Suasana khidmat terlihat jelas di Gereja Katolik Yesus Maha Kudus, Jalan Jend Sudirman Purwodadi, Sabtu (22/6) sore. Pelaksanaan penyerahan sakramen krisma kepada puluhan anak-anak remaja menjelang dewasa itu langsung diberikan Uskup Agung Mgr Robertus Rubiyatmoko. Beberapa orang tua penerima sakramen penguatan merasakan bahagia dengan kehadiran uskup agung Semarang tersebut.

“Bahagia akhirnya anak saya sudah menerima sakramen penguatan yang diserahkan langsung Monsinyur Rubi, semoga dengan adanya kegiatan ini, anak saya memiliki iman Katolik yang dewasa dan menjadi lebih baik di tengah-tengah masyarakat,” ucap Wanda, orang tua penerima sakramen penguatan tersebut.

blank
Tradisi penyerahan sakramen penguatan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diterima sekali seumur hidup oleh anak-anak berusia remaja menjelang dewasa. Foto: Hana Eswe.

Hal yang sama diungkapkan Agus Siswanto beserta istri ketika putri keduanya menerima sakramen penguatan tersebut di Gereja St Petrus Gubug, Minggu (23/3). Keduanya berharap dengan penerimaan sakramen krisma yang diterima anak mereka menjadi kekuatan dan pegangan dalam perjalanan hidup.

“Semoga Tuhan senantiasa melindungi serta membimbing hidupnya dan boleh berpengharapan dan penuh sukacita dalam kasih,” pungkas Agus Siswanto.

suarabaru.id/Hana Eswe.