Bagikan
logo NU

KUDUS – Ribuan warga Nahdliyin di wilayah Kabupaten Kudus dan sekitarnya diperkirakan akan menghijaukan alun-alun Kudus dalam pelaksanaan Istigasah Kebangsaan di Alun-alun Kudus, Minggu (7/4). Acara yang dipelopori Lembaga Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LBHNU) tersebut akan dihadiri sejumlah tokoh nasional diantaranya Inayah Wahid, KH Said Aqil Siradj serta Tegih Samudra.

Panitia kegiatan, Ahmadun mengatakan, istigasah ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari lahir ke-96 Nahdlatul Ulama.  “Dalam kegiatan nanti juga akan dihadiri oleg Gubernur Jawa Tengah dan Kapolda Jawa Tengah, ada juga tokoh lainnya,” kata Ahmadun dalam keterangan persnya, Sabtu (6/4).

Dalam kegiatan ini, katanya, juga akan dilangsungkan deklarasi antihoaks, menolak politisasi uang, isu SARA, radikalisme, dan intoleransi. Hal tersebut merupakan isu-isu yang selama ini menjadi konsentrasi Nahdlatul Ulama akhir-akhir ini.

Selain itu, kata Ahmadun, maksud diselengarakannya istigasah ini guna mempererat tali persaudaran sesama warga negara Indonesia, meneguhkan ideologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI.

Baca juga: Ribuan Muslimat NU Hijaukan Alun-alun Kudus

”Dalam kesempatan tersebut, juga akan dilakukan seruan untuk menyukseskan Pemilu 2019 dan imbauan untuk tidak golput. Sebab, Pemilu merupakan ajang demokratisasi yang bertujuan menentukan arah kebijakan bangsa ke depan,” tandasnya.

Sebagai lembaga bantuan hukum milik NU, dalam kegiatan ini juga akan disediakan stan konsultasi hukum. Masyarakat bisa mengaksesnya secara cuma-cuma. Pihaknya juga akan memberikan sosialisasi hukum.

“Harapannya bisa mempeekuat ukhuwah wathaniyah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Suarabaru.id/Tm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here