Bagikan
Usai apel gelar pasukan, personil gabungan dari Polres Grobogan dan Kodim 0717/Purwodadi lakukan  show off force . Foto : Haana Eswe

GROBOGAN- Pelaksanaan kampanye rapat umum akan dilaksanakan mulai Sabtu (23/3). Demi kelanncaran dan keamanan dalam pelaksanaannya, Polres Grobogan melakukan Apel Gelar Pasukan pengamanan pemilu. Kegiatan ini digelar di halaman Setda Grobogan.

Dalam Apel Gelar Pasukan ini, Kapolres Grobogan, AKBP Choiron El Atiq menyatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan seluruh potensi pengamanan di Kabupaten Grobogan.

Dalam sambutannya juga, Kapolres menyatakan, pengamanan ini tidak hanya dilakukan Polres Grobogan. Kegiatan ini juga dipergunakan untuk melihat kesiapan potensi pengamanan lainnya yang akan dilibatkan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. Yakni dengan memberikan pengarahan pengamanan dalam masa kampanye terbuka.

“Kami berharap semua komponen berada dalam kondisi siap saat menjalankan tugas pengamanan. Selain petugas Polres Grobogan, pasukan pengamanan dari TNI, Satpol PP, Linmas dan relawan masyarakat juga dilihat kesiapannya. Kegiatan ini juga dilakukan untuk menyiapkan semua sarana dan prasarana yang bisa mendukung bagi kegiatan pengamanan Pemilu 2019,” jelas Kapolres.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq saat menjadi Irup dalam Apel Gelar Pasukan yang digelar di Halaman Setda Grobogan, Jumat (22/3). Foto: Hana Eswe

Tahapan kampanye rapat umum Pemilu 2019 ini dilaksanakan selama tiga pekan terhitung mulai Sabtu (23/3) hingga Sabtu (13/4). Sebagai kekuatan utama dalam pengamanan ini yaitu Polres Grobogan dan Kodim 0717/Purwodadi. Kapolres menyatakan untuk pengamanan ini, baik personil maupun sarana prasarana dan pengamanan sudah disiapkan penuh.

Usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini, dilanjutkan dengan patrol dialogis yang diikuti semua unsur pengamanan yang ada di Kabupaten Grobogan. Masing-masing personil mengendarai kendraan-kendaraan patroli. Semua unsur tersebut melakukan patroli bersama dengan berkeliling Kota Purwodadi.

Patroli ini dipimpin langsung Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq dan Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta dengan kendaraan roda dua dan empat serta roda enam. Pada patroli ini diarahkan ke wilayah kota sebagai bentuk show of force untuk menunjukkan kesiapan personelnya dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Grobogan.

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, Polres bersama Kodim dan Pemda mengadakan patroli skala besar. Tujuannya, patrol sekala besar ini juga untuk menciptakan kondisi Kamtibmas pada saat menjelang pelaksanaan kampanye rapat umum di Kabupaten Grobogan agar tetap kondusif serta menciptakan rasa aman bagi masyarakat serta menekan niat orang yang akan melakukan kejahatan. “Kami berharap, tahapan kampanye rapat umum yang sudah akan dimulai ini, semua bagian dari tim pengamanan dan masyarakat mempersiapkan diri. Diharapkan dalam masa kampanye rapat umum ini semua berjalan baik dan lancar,” terang Kapolres AKBP Choiron.

Sementara itu Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo, terus mengimbau kepada para peserta Pemilu 2019 agar tertib dalam masa kampanye selama tiga pekan tersebut. “Tetap jaga kesejukan, keamanan, kedamaian Grobogan dalam suasana riang gembira. Pilihan boleh beda, kita tetap jaga persaudaraan dan persatuan,” jelas Agung.

suarabaru.id/Hana Eswe

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here