Fitria Hayuningtyas

SEMARANG – Fitria Hayuningtyas, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula angkatan 2015 mengikuti International Conference for Healthcare and Medical Students (ICHAMS) di Royal College of Surgeons, Dublin, Ireland. Konferensi yang diikuti oleh mahasiswa kedokteran dan sarjana kedokteran sedunia itu berlangsung pada 15 – 17 Februari 2018.

ICHAMS merupakan konferensi mahasiswa maupun sarjana kedokteran untuk mempresentasikan penelitian mereka di hadapan para pakar kesehatan.

Sebagai satu-satunya delegasi dari Indonesia, Fitria Hayuningtya menyampaikan makalah ilmiah yang berjudul “ The effect of TNF-alpha in injured mice serum on Vascular Endothelial Growth Factor level of Mesenchymal Stem Cells“.

Dalam penelitiannya dia membahas tentang manfaat stem cells. Terapi tersebut dengan menyuntikkan stem cells dalam dosis tertentu yang berguna untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak, sehingga membentuk jaringan sel yang baru.

“Terapi penyuntikan stem cells ini berguna bagi pasien mengalami luka yang membusuk sehingga harus diamputasi karena sel-selnya sudah mati. Dengan menyuntikkan stem cells dapat memberikan harapan baru kepada pasien karena stem cells akan memperbaiki jaringan tersebut sehingga tidak perlu diamputasi,” ungkapnya.

Wakil Rektor III, Sarjuni SAg MHum sangat mengapresiasi kiprah mahasiswa di setiap even internasional, apalagi bisa memberikan kontribusi keilmuan dalam bidang kedokteran.

“Unissula berkomitmen untuk senantiasa mengembangkan potensi mahasiswanya. Salah satunya melalui keikutsertaan mahasiswa pada acara berskala internasional. Apalagi mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan dunia media di kancah internasional. Hal semacam ini pasti kita dukung,” ungkapnya, Selasa.(SMNet.com/md)