blank
BAGI SEMBAKO: Hendi saat membagikan sembako kepada para santri, guru ngaji dan beberapa warga yang terdampak covid-19. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Setelah ditetapkannya perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Kota Semarang sampai 7 Juni mendatang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menekankan, jika bantuan sosial akan terus digulirkan kepada masyarakat.

Diharapkan, dengan adanya bantuan itu, masyarakat dapat terus tertib, dalam menjalankan physical distancing, selama pemberlakuan PKM di Kota Semarang.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, untuk Bantuan Sosial Tunai (BST), masih akan diberikan lagi sebanyak dua kali, yaitu di bulan Juni dan Juli 2020.

BACA JUGA : PKM Kota Semarang Diperpanjang 14 Hari

Sedangkan untuk pembagian sembako dari Pemerintah Kota Semarang, walaupun rencana awal hingga bulan Juni, namun jika diperlukan akan diupayakan juga ada di bulan Juli 2020.

”Kalau yang BST kan selama tiga kali, bulan ini sudah sekali, berarti masih ada dua kali lagi, Juni dan Juli. Sembakonya Juni juga masih ada, Juli kalau dimungkinkan juga sudah dialokasikan anggarannya,” terang Hendi.

Tak hanya bantuan dari pemerintah, Wali Kota juga menyakini, bantuan dari pihak swasta juga akan terus mengalir, untuk mendukung masyarakat dalam menghadapi tekanan pandemi covid-19.

Salah satunya seperti saat Hendi bersama rombongan Kadin Jateng, dan Ketua Perhimpunan INTI Jateng, Gouw Andy Siswanto, yang memberikan paket sembako melalui Masjid Agung Kauman Kota Semarang, Jumat (22/5/2020).

blank
Foto: heri priyono

Sudah Diserahkan
Ketua Takmir Masjid Agung Kauman, Hanief Ismail menuturkan, bantuan berupa 1,7 ton beras dan 100 dus mi instan itu, secara khusus diperuntukkan bagi para santri dan guru ngaji di Kota Semarang.

‘Insya Allah, bantuan ini akan kita bagikan kepada guru-guru ngaji di Kota Semarang, sekitar Kauman, di pondok, serta santri-santri yang tidak pulang kampung,” tutur Hanief.

Dirinya juga mengungkapkan, sebelum ini selama pemberlakuan PKM, Masjid Agung Kauman Kota Semarang telah menerima 1.743 paket sembako, yang diberikan oleh Wali Kota Semarang, Kapolda Jateng, Pangdam IV/Diponegoro, serta warga sekitar Masjid Kauman.

”Untuk bantuan itu, beberapa di antaranya sudah diserahkan kepada masyarakat di sekitar Masjid Agung Kauman, yang terkena dampak covid-19,” tambahnya.

Heri Priyono-Riyan