blank
Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Jati Waluyo (kedua dari kiri menghadap lensa), membagi-bagikan ratusan masker gratis kepada warga yang membutuhkannya.

WONOGIRI (SUARBARU.ID) – Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Jati Waluyo, peduli membagikan ratusan masker secara gratis kepada warga yang membutuhkan. Bersama itu para pemud Karang Taruna melakukan penyemprotan disinfektan. Ini dilakukan dalam ikut serta mendukung langkah pemerintah untuk tindakan pencegahan wabah virus corona.

Sasaran penerima masker gratis dari Anggota Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kabupaten Wonogiri tersebut, adalah para pedagang pasar dan penduduk yang mendatangi pusat perniagaan, serta para pekerja di tempat keramaian publik. Harapannya, dengan memakai masker akan ikut mendukung langkah pemerintah dalan melakukan cegah tangkal wabah virus corona.

Sebagaimana diberitakan, juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 tingkat nasional, Achmad Yurianto, menegaskan, pemerintah menjalankan program ‘masker untuk semua’ per 5 April 2020. ”Ini sesuai anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO),” jelas Achmad Yurianto.

blank
Penyemprotan disinfektan dilakukan secara mandiri oleh warga RT 1/RW 4 Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Program Nasional
Pemerintah melalui program nasional masker untuk semua tersebut, mengharuskan penggunaan masker bagi semua warga. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan, dan masyarakat diminta menggunakan masker kain. Penggunaan masker menjadi penting, karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar.

Masyarakat harus menggunakan masker jika hendak keluar rumah, dan dianjurkan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam lalu kemudian harus dicuci dengan sabun. Dikhawatirkan bahwa masih banyak orang yang terkonfirmasi positif corona beraktivitas di luar dan tanpa disadari orang tersebut menularkan virus corona.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Drs Bambang Haryanto MM, Senin malam (6/4), menyatakan, masker penting untuk digunakan.dan pada dasarnya memang diharuskan untuk semua warga. Hal ini untuk upaya menekan penyebaran Covid 19. ”Terlebih bagi yang sedang mengalami sakit hukumnya wajib, agar tidak berdampak menularkan  ke orang lain,” tegasnya.

blank
Masker gratis dari Anggota DPRD Wonogiri, Jati Waluyo (kiri), juga dibagi-bagikan kepada para pengunjung yang mendatangi pusat perniagaan.

Sumber Penularan
Kata Bambang, salah satu sumber penularan dapat terjadi pada saat cairan dari tubuh, baik melalui mulut maupun lainya, terkontaminasi ke orang lain. Langkah pemakaian masker, setidaknya sebagai pelindung diri dari ketertularan orang lain.

Sementara ini, BPBD sebagai Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) wabah virus corona Kabupaten Wonogiri, menyediakan masker kain. ”Karena masker medis terjadi kelangkaan. Bagi yang menginginkan, akan kami distribusikan sesuai ketersediaan yang ada,” jelas Bambang Haryanto.

Saat ini, tambah Bambang Haryanto, kami juga baru pesan lagi untuk pemenuhan kebutuhan, dan masker yang dari Posko Gugus semuanya diberikan secara gratis.

Karang Taruna
Sementara itu, Karang Taruna Dusun Platar dan Dusun Pengkol Desa Pijiharjo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan dilakukan di Kantor Desa dan Balai Desa Pijiharjo, serta di Pasar Desa Pijiharjo. Bersama itu, juga membagikan cairan disinfektan untuk penyemprotan seluruh tempat ibadah yang ada di Desa Pijiharjo.

blank
Para pemuda Karang Taruna melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Desa dan Balai Desa Pijiharjo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di sejumlah desa di Kabupaten Wonogiri. Termasuk oeh warga di RT 1/RW 4 Lingkungan Cubluk Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Ketua RT 1/RW 4, Jarwanto, tampil memimpin penyemprotan tersebut. Sumber dana penyemprotan disinfektan yang dilakukan secara mandiri ini, diambilkan dari uang kas RT.

Upaya mensosialisasikan penggunaan masker, dilakukan oleh pegawai Pasar Kota Wonogiri. Sasaran utamanya kepada para pedagang pasar, agar memiliki kesadaran menjaga kesehatan dirinya, dengan memakai masker. Dengan memakai masker, diharapkan dapat mendukung langkah pemerintah dalam mencegah wabah virus corona.

Bambang Pur