blank
Gerakan serentak penghijauan massal penanaman sejuta pohon di Kabupaten Wonogiri, diprakarsai jajaran TNI dan Polri. Melibatkan semua komponen masyarakat, termasuk dari jajaran Bhayangkari.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gerakan massal penghijauan go green dalam rangka penanaman sejuta pohon, Jumat (10/1), dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten Wonogiri. Seluruh pimpinan Polsek dan Koramil beserta Forkompincam, tampil memimpin gerakan ini di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi melalui Perwira Penerengan Kodim (Pendim) Lettu (Inf) Nurhadi, menyatakan, gerakan serentak penghijauan ini, dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan program nasional penanaman sejuta pohon yang dicanangkan Presiden, Jumat (10/1).

Gerakan massal ini, melibatkan semua personel TNI, Polri, aparat pemerintah daerah dan pemerintah kecamatan, pelajar, mahasiswa, pemuda, organisasi wanita, pamong desa dan warga masyarakat. Juga para ibu-ibu Bhayangkari dan Persit Kartika Candra Kirana, serta ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK dan dari organisasi wanita lainnya.

blank
Jajaran TNI, Polri dan Pemkab Wonogiri, tampil menjadi tiga pilar dalam memimpin gerakan serentak penghijauan massal go green penanaman sejuta pohon.

Pelestarian Lingkungan
Jenis pohon yang ditanam terdiri atas bibit tanaman keras seperti Trembesi, Sengon, Ketapang, berikut bibit tanaman produktif jenis buah-buahan meliputi Rambutan, Jambu Air, Mangga, Jambu Monyet, Nangka, Durian dan Sirsat. Tujuannya, untuk melakukan reboisasi pencegahan erosi dan bencana banjir serta tanah longsor, serta sebagai upaya pelestarian lingkungan dan penyelamatan alam, termasuk kiat melestarikan potensi sumber air bersih.

Harapannya, kelak dapat tercipta kondisi lingkungan yang sehat dan segar, udaranya bersih, potensi mata airnya lestari agar warga tidak dilanda kesulitan mendapatkan air bersih ketika musim kemarau. Berikut untuk upaya mengendalikan peningkatan suhu bumi, dan mencegah ancaman rusaknya lapisan ozon.

blank
Para relawan siaga bencana dari Desa Tangguh Bencana (Destana), ikut aktif dalam pelaksanaan gerakan serentak penghijauan go green penanaman sejuta pohon.

Di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, pelaksanaan gerakan massal penghijauan sejuta pohon ini, dipimpin langsung Kapolsek Iptu Abu Bakar Sidiq bersama Forkompincam. Kemudian di Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, gerakan serentak penghijauan go green sejuta pohon, dipimpin Kapolsek setempat AKP Unggul Tri Wasisto beserta Danramiil dan unsur Forkompincam Jatiroto.

Sebelumnya, di tingkat Kabupaten Wonogiri, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing bersama Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi dan Forkompinda Wonogiri, telah mengawali gerakan penghijauan massal dengan penanaman pohon di chatment area (daerah pengaliran) Waduk Gajahmungkur. Ini dilakukan beserta pimpinan dinas dan instansi terkait, serta sejumlah elemen masyarakat, termasuk jajaran pamong desa.

Bambang Pur