Bagikan
CEK BAN: Petugas Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY tengah mengecek kondisi ban Bus Sugeng Rahayu di Terminal Tipe A Tirtonadi, Jumat (20/12). (suarabaru.id/lbc)

SOLO (SUARABARU.ID) – Menjelang libur Natal dan tahun baru, puluhan bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) di Terminal Tirtonadi dicek kelaikan jalan, Jumat (20/12).

Pengecekan dilakukan Petugas Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY bersama petugas kepolisian dan pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengemukakan, semua bus yang masuk di Terminal Tirtonadi dicek pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat-surat. Joko mengatakan rump check ini meliputi mengecekan kampas rem, roda, lampu, kaca, bodi kendaraan, dan surat-surat kendaraan.

“Tujuan dari rump check ini untuk memastikan kondisi angkutan umum layak pakai dan menjamin keselamatan penumpang.  Hasil rump check puluhan bus aman, tidak ditemukan hal-hal yang membahayakan dan bus laik jalan,” kata Joko.

“Kita cek semua dari luar sampai dalam bus. Sopir dan kernet bus AKDP dan AKAP kita minta turun untuk dlakukan pemeriksaan kesehatan. Semuanya juga sehat meskipun ada beberapa catatan,” kata dia.

Bus AKDP dan AKAP yang tidak lolos rump check, akan ditilang oleh Satlantas Polresta Solo dan diminta untuk segera memperbaikinya. Ia juga berkoordinasi dengan pemilik bus agar menyediakan bus yang laik jalan untuk persiapan Natal dan Tahun Baru.

“Kita tidak pasangi stiker bagi bus yang lolos rump check. Cukup kita berikan catatan saja. Kita prediksi jumkah penumpang bus akan menghadapi Nataru. Jadi kita ingin memastikan keselamatan penumpang dengan melakukan rump check,” kata dia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Menhub), batas usia pakai kendaraan bus sekitar usia 20 tahun turun dari 25 tahun. Adapun angkutan sewa khusus maksimal lima tahun.

Staf Seksi LLAJ BPTD Wilayah X Jateng DIY, Arry Purwanto menambahkan, rump check sudah rutin dilakukan karena merupakan SOP sebelum armada tersebut berangkat yang telah dilakukan di masing-masing terminal di bawah BPTD.

“Kegiatan siang ini, kami melakukan pengawasan dengan turun ke lapangan langsung di Terminal Tipe A Tirtonadi. Kami juga sudah melakukan rump check di lima titik, yakni terminal orang, terminal barang, pool angkutan umum, jemput bola di tempa wisara, dan kegiatan gabungan di ruas jalan bersama Satantas dan Dishub setempat,” jelas Arry.

LBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here