Bagikan
Lionel Messi/dok

PARIS – Lionel Messi sekarang menjadi pemegang rekor terbanyak Ballon d’Or (Bola Emas) dengan koleksi enam trofi. Dalam seremoni Ballon d’Or 2019 yang digelar di Chatelet Theatre, Paris, Selasa (3/12) dini hari WIB, megabintang Barcelona itu mengungguli Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo. Bola Emas ini adalah yang pertama diraih pesepak bola asal Argentina itu sejak kali terakhir memenanginya pada 2015. Dia sekarang selangkah di depan Cristiano Ronaldo yang mengemas lima titel.

Pencapaian Messi (32) akan sangat sulit disamai. Namun, penyerang berjuluk La Pulga (Si Kutu) ini berharap rekornya bisa dipecahkan. “Aku tak tahu siapa yang bisa melakukannya, tapi mungkin saja,” ungkap Messi. Dia kemudian menambahkan, “Rekor dibuat untuk dilampaui. Namun, untuk sekarang aku yang memegang rekornya, dan aku sangat bahagia.”

Messi menggondol Ballon d’Or pertama pada 2009. Setelah itu dia menyabetnya pada 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. “Tak terbayangkan bisa memenanginya, apalagi sampai enam kali. Sangat menyenangkan mendapatkan pengakuan dari orang lain,” jelas mantan pemain Newell’s Old Boys ini.

Messi menyadari dalam hitungan tahun bakal segera gantung sepatu. Karena itu, dia amat menikmati kemenangannya kali ini. Ketika mendapat Ballon d’Or pertama, dalam usia 22 tahun dia datang ke Paris bersama tiga saudaranya. Sepuluh tahun kemudian, dia berada pada masa yang berbeda. Sebuah masa yang istimewa, karena dia ditemani istri plus tiga anak, saudara, dan keponakannya.

“Selama ini saya tak pernah berhenti bermimpi. Saya cuma selalu ingin berkembang, terus memperbaiki diri setiap hari, dan menikmati bermain sepak bola,” paparnya. Dengan izin Tuhan, Messi ingin menikmati momen-momen seperti ini. Pasalnya, waktu pensiun kian dekat. “Semua terjadi sangat cepat. Saya berharap bisa terus menikmati karier sepakbola, keluarga saya, rivalitas di lapangan, dan kehidupan yang saya jalani ini,” tandasnya. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here