Bagikan
Poster tablig akbar UAS di Desa Pedawang, Kecamatan Bae. foto:dok

KUDUS –Tablig Akbar Ustad Abdul Somad (UAS) di Ponpes Al Achsaniyyah, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus, yang sedianya akan digelar Selasa (8/10) malam, secara mendadak dibatalkan. Padahal spanduk maupun baliho acara tersebut sudah terpasang di sejumlah tempat di Kudus.

Padahal rencananya UAS akan memberikan tausyiah dalam tablig akbar yang bertemakan ‘Urip Iku Urup’  pada malam mulai pukul 18.00 WIB. Di sekitar lokasi juga sudah terpasang banyak umbul-umbul untuk meramaikan acara tersebut.

Pengumuman pembatalan tausyiah UAS tersebut juga terlihat dari adanya surat dari PP Al Achsaniyah yang juga beredar di media sosial.  Dalam surat berkop resmi Ponpes serta ditandatangani langsung oleh Ketua Panitia Acara Yulianto dan Pimpinan Yayasan Al Achsaniyah KH Muhammad Faiq Afthoni, disebutkan pembatalan tablig akbar tersebut untuk kebaikan bersama dan semua pihak.

Namun demikian, diterangkan bahwa UAS akan berkunjung di lokasi acara meski tidak memberikan tausyiah.

KH Muhammad Faiq Afthoni saat dikonfirmasi membenarkan adanya pembatalan acara tabligh akbar tersebut. ”Tabligh akbar kami batalkan. Namun Ustaz Abdul Somad tetap datang ke Ponpes ABK Al Achsaniyyah,” katanya.

Ia menjelaskan, pembatalan tablig akbar ini demi kemaslahatan di Kudus. Hanya, ia enggan menjelaskan kemaslahatan yang dimaksud. ”Tidak ada apa-apa. Pokoknya demi kemaslahatan saja,” terangnya.

Meski begitu, ia memastikan UAS akan akan tetap berkunjung ke Ponpes ABK Al Achsaniyyah untuk memberikan bantuan kepada para santri dan santriwati. Apalagi, ponpes Al Achsaniyah merupakan ponpes yang diperuntukkan bagi santri dan santriwati yang memiliki kebutuhan khsusus.

”Beliau tetap datang ke Kudus. Tapi tidak untuk berceramah. Hanya memberikan bantuan kepada para santri,” terangnya.

Ia menyebutkan, Sesuai jadwal, UAS akan tiba di Kudus pada pukul 18.00 WIB dan langsung menuju ke ponpes Al Achsaniyyah. Di sana, UAS akan disambut pengasuh pondok dan beberapa tokoh masyarakat setempat. Hanya, terkait dengan tamu undangan, ia belum mengetahui secara pasti siapa yang akan hadir. “Untuk tamu undangan datang atau tidak, ya kurang tahu. Sebab tidak ada tabligh akbar,” ujarnya.

Belum Berizin

Terpisah, Kabag Humas Polres Kudus AKP Sardi mengatakan, untuk izin pelaksanaan tabligh akbar tersebut hingga kini belum ada. Hanya, perlu diketahui, UAS hadir bukan karena diundang sebagai penceramah atau dakwah.

“Karena beliau hadir karena kehendak sendiri dan karena rasa simpati dan empati beliau kepada pondok Autisnya,” jawab dia.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa dengan UAS bakal mengisi tabligh akbar di Kudus. UAS bakal mengisi tabligh akbar dengan tajuk “Urip Iku Urup” di Ponpes ABK Al Achsaniyyah yang berada di jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Selasa (8/10).

Suarabaru.id/Tm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here