blank
Kepala Dinhub Kabupaten Wonogiri, Ismiyanto (ketiga dari kiri) menyerahkan potongan tumpeng HUT Ke 48 Perhubungan, kepada Kabid Lalu Lintas Sulardi (kedua dari kanan).

WONOGIRI – Sesuai Permenhub Nomor: 35 Tahun 2018, Kementerian Perhubungan RI menetapkan sistem baru tentang penilaian sukses penyelenggaraan transportasi tingkat nasional dan pemberian anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN). Terkait ini, pada Tahun 2019 Kabupaten Wonogiri mendapatkan anugerah WTN kategori Tanpa Catatan (TC).

Di seluruh Indonesia, yang menerima WTN-TC hanya sebanyak 39 kabupaten/kota. Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Wonogiri, Ismiyanto, Selasa (17/9), menyatakan, di Indonesia ada sebanyak 77 dari 519 kabupaten/kota, yang mendapatkan anugerah WTN. Terdiri atas 39 kabupaten/kota yang mendapatkan WTN-TC, dan sebanyak 38 kabupaten/kota memperoleh WTN Dengan Catatan (DC).

Memberikan penjelasan dengan didampingi Kabid Lalu Lintas, Sulardi, lebih jauh Ismiyanto menyatakan, anugerah WTN-TC untuk Kabupaten Wonogiri Tahun 2019, diserahkan langsung oleh Menhub di Jakarta Tanggal 15 September 2019 lalu, kepada Bupati Wonogiri yang diwakili Sekda Suharno, dan kepada Kapolres yang diwakili Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti. Bersamaan itu, Wonogiri juga mendapatkan sertifikat WTN yang diterimakan kepada Kabid Lalu Lintas, Sulardi.

”Perlu kita syukuri, karena anugerah ini bagai merupakan hadiah dalam kita memperingati HUT Ke 48 Perhubungan Tahun 2019,” tegas Ismiyanto. Di Kabupaten Wonogiri, upacara peringatan HUT Ke 48 Perhubungan digelar Selasa (17/9) di halaman Kantor Bupati, disatukan dengan gelar upacara Tanggal 17-an di Bulan September 2019. Tampil menjadi pembina upacara, Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Seusai upacara di halaman Kantor Bupati Wonogiri, kemudian diteruskan dengan acara tumpengan sederhana di Kantor Dinhub Wonogiri. Potongan tumpeng HUT, diserahkan kepada Kabid Lalu Lintas, Sulardi. Menurut Ismiyanto, di wilayah eks Karesidenan Surakarta atau se Solo Raya, yang mendapatkan anugerah WTN-TC hanya ada dua. ”Yakni Kabupaten Wonogiri dan Kota Surakarta,” tandasnya.

Bersamaan itu, Dinhub Kabupaten Wonogiri juga memperoleh penghargaan dari Bupati, terkait dengan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 29 Tahun 2014. Dinhub Wonogiri, masuk dalam jajaran 11 dari 36 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Wonogiri, yang memperoleh penilaian SAKIP dengan predikat BB.(suarabaru.id/Bambang Pur)