blank
Juergen Klopp/dok

NEW YORK – Manajer Liverpool Juergen Klopp meminta skuadnya untuk melupakan sukses di Liga Champions musim lalu. Dia mengingatkan tantangan Jordan Henderson dan kolega ke depan lebih berat. “Setelah tur pramusim, seharusnya tidak ada lagi yang sering membicarakan soal trofi Liga Champions, itu sudah berlalu. Kami harus mulai membuka lembaran baru atau apa pun itulah,” ungkap Klopp. The Reds menjadi juara Eropa selepas menaklukkan Tottenham Hotspur 2-0 di final. Trofi Si Kuping Besar boleh dibilang menyempurnakan musim Si Merah. Mereka sebelumnya hanya kalah satu poin dari Manchester City dalam perebuar gelar Liga Primer Inggris.

Sukses di Madrid itu lantas jadi topik pembicaraan, bahkan sebulan setelahnya. Hal itu tak diinginkan Klopp. Dia mengharuskan timnya untuk fokus menghadapi musim 2019-2020. ”Kami pantang untuk terlena. Tantangan ke depan bakal sangat berat,” tandas Klopp. Liverpool akan tampil di tujuh kompetisi berbeda yang menguras fisik. Strategi pada bursa transfer dan di lapangan amat menentukan perjalanan The Kop.

Henderson dan kawan-kawan telah melakoni lima laga pramusim dengan hasil dua kali menang, dua kali kalah, dan sekali seri. Kemenangan diraih atas Tranmere Rovers dan Bradford. The Reds takluk saat bersua Borussia Dortmund dan Sevilla, serta ditahan imbang Sporting Lisabon. Si Merah masih akan meladeni Napoli pada 28 Juli dan Lyon (31 Juli). Selepas itu menghadapi Manchester City dalam duel Community Shield (4/8).

Dari hasil pramusim, The Anfield Gank kehilangan bek kanan Nathaniel Clyne yang divonis cedera anterior cruciate ligament (ACL). Dia harus absen setengah musim. “Dari seluruh cedera yang bisa Anda alami, ACL selalu jadi satu yang tak ingin Anda dapatkan. Tidak 100 persen robek, tapi masih harus dioperasi,” papar Klopp.

Menurut pria berkebangsaan Jerman itu, ini momen yang sangat tak menyenangkan buat Clyne. Sebelum cedera, eks pemain Southampton tersebut sebenarnya dalam daftar jual karena kontraknya tinggal setahun. Tanpa Clyne, bek kanan masih mengandalkan Trent Alexander-Arnold. Sementara Joe Gomez disiapkan sebagai pelapis. Cedera ini tak akan memengaruhi transfer kami,” jelas Klopp. (rr)