Bagikan
Kapolsek Jatipurno Iptu Edi Hanranto mendatangi lokasi kebakaran rumah untuk memimpin jajarannya melakukan penanganan di tempat kejadian.(suarabaru.id/bp)
WONOGIRI – Kejadian rumah terbakar dan rusak karena bencana puting beliung, semalam dilaporkan terjadi di dua wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni di Kecamatan Jatipurno dan Kecamatan Bulukerto. Tidak ada korban jiwa dalam dua musibah yang terjadi di dua tempat terpisah tersebut.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Jatipurno Iptu Edi Hanranto melalui Kasubag Humas Polres Kompol Hariyanto, menyatakan, kebakaran rumah terjadi di Dusun Nglerak, Desa Slogoretno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Yakni rumah milik Sumadi (70) di RT 3/RW 4. Kejadiannya berlangsung Selasa malam (22/1).

Saat kebakaran berlangsung, rumah dalam keadaan kosong, karena Kakek Sumadi pergi menghadiri undangan pengajian. Betapa kagetnya dia, ketika pulang telah mendapati rumahnya terbakar. Spontan Kakek Sumadi berteriak-teriak minta tolong kepada tetangga. Para tetangga yang berdatangan, segera membantu memadamkan api.

Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh petugas. Tapi diduga keras pemicunya karena hubungan pendek arus listrik. Utamanya dari skaklar yang ditempel di kayu kusen jendela bagian depan. Pijaran api akibat konsleting listrik ini, membakar kayu kusen dan merembet ke kursi sofa di dalam ruang tamu. Juga membakar kain korden jendela. Terkait ini, petugas Polsek Jatipurno meminta keterangan dari Saksi Sugito (62) dan Sunarto (48), keduanya warga Dusun Nglerak, Desa Slogoretno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, semalam dilaporkan terjadi bencana puting beliung di Dusun Sobo, Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto (70 Kilometer arah timur laut Kota Wonogiri). Bencana angin yang datang bersamaan dengan hujan deras tersebut, telah menumbangkan puluhan pohon, dan merusak tiga rumah milik warga. Yakni rumah milik Karjo, Loso dan Yanto, semuanya tinggal di Dusun Sobo RT 3/RW 6, Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. Rumah Loso, rusah karena tertimpa pohon tumbang.

Kerusakan rumah Karjo dan Yanto terjadi pada bagian atap, karena genting-gentingnya porak-poranda diterbangkan angin pusar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah puting beliung ini. Semalam, tiga keluarga yang rumahnya rusak tersebut, untuk sementara diungsikan ke rumah tetangga yang aman dari bencana. Rabu pagi (23/1) ini, pamong desa setempat mengerahkan warga masyarakat untuk gotong royong kerja bakti bersama para relawan tanggap bencana dan unsur terkait lainnya.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here