Bagikan
Fabinho/dok

LIVERPOOL – Joel Matip memang sudah kembali berlatih. Namun, Manajer Liverpool Juergen Klopp tak mau mengambil risiko dengan memainkan Matip saat The Reds menjamu Crystal Palace dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Sabtu (19/1). Fabinho (25) akan diplot sebagai bek tengah lagi untuk mendampingi Virgil van Dijk. Pemain asal Brasil itu sudah berpasangan dengan Van Dijk ketika Si Merah menaklukkan Brighton Hove & Albion 1-0, akhir pekan lalu. Meski posisi aslinya gelandang bertahan, Fabinho menyatakan tak masalah jika harus tampil sebagai defender. Dia siap menuruti perintah Klopp.

“Ketika Dejan (Lovren) cedera, bisa dimengerti kalau saya akan bermain di posisi bek tengah,” ungkap Fabinho. Liverpool dilanda krisis bek tengah setelah Lovren menyusul Matip dan Joe Gomez ke ruang perawatan. Hanya Van Dijk yang fit. Fabinho kemudian dimainkan sebagai bek tengah saat menghadapi Wolverhampton Wanderers di Piala FA. Dia main lagi jadi center back tatkala jumpa Brighton. Performanya terbukti tidak mengecewakan.

Mantan pemain Monaco ini sama sekali tak canggung dan mampu mengawal pertahanan dengan baik. Fabinho bisa nyetel karena sudah berlatih beberapa kali untuk main di posisi bek tengah. ”Latihan itu membantu saya beradaptasi lebih baik dan belajar beberapa aspek seperti penempatan posisi dan pergerakan,” paparnya.

Fabinho mengaku belum tampil sempurna. Ada aspek yang perlu dimantapkan, yakni penempatan posisi. Sementara itu, demi tetap menjaga kedalaman skuad, The Reds berencana membeli pemain pada bursa transfer musim dingin. Pasalnya, Si Merah tak ingin kehilangan harapan meraih trofi juara Premier League gara-gara badai cedera. “Saya selalu membuka pintu kalau-kalau terjadi sesuatu, dan kami perlu melihatnya,” tutur Klopp. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here