Bagikan
Xherdan Shaqiri/dok

WOLVERHAMPTON – Lanjutkan kemenangan dan tetap di puncak klasemen. Itu misi yang diemban Liverpool ketika jumpa tuan rumah Wolverhampton Wanderers dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Molineux, Sabtu (22/12) dini hari WIB. The Reds memang sedang ngetop. Si Merah sukses menang dalam enam laga terakhir. Liverpool bersama Paris Saint-Germain dan Juventus menjadi tiga tim yang belum kalah pada lima liga top Eropa. Anak-anak asuhan Juergen Klopp menuju markas Wolves dengan modal bagus. Jordan Henderson dan kawan-kawan punya rekor pertahanan terbaik, terbanyak dalam hal clean sheet, dan kebobolan paling sedikit. Soal ketajaman di Premier League, The Kop hanya kalah dari Manchester City.

Untuk lawatan kali ini Klopp berpesan timnya untuk terus membumi, karena belum memenangi apa pun. Pelatih kepala berkebangsaan Jerman ini juga siap menerapkan rotasi demi menghadapi pekan yang sibuk. Xherdan Shaqiri, yang mencetak dua gol ke gawang Manchester United, diplot menjadi starter dalam skema 4-2-3-1. Bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino, Shaq melapis Mohamed Salah. Klopp masih kehilangan bek Joe Gomez, Joel Matip, dan Trent Alexander-Arnold. Untuk posisi bek kanan ada dua pilihan, yakni Nathaniel Cline dan James Milner.

Wolves tak bisa dipandang sebelah mata. Pasukan tuan rumah bisa menjadi ancaman serius. Pasalnya, skuad besutan Nuno Espirito Santo punya rekor mentereng melawan klub-klub yang masuk kategori big six. Nuno didukung kebugaran timnya. Gelandang Jonny Castro terbebas dari cedera lutut sehingga menambah kekuatan klub promosi ini. ”Yang terpenting, tim saya terus berkembang. Kami semakin baik dari hari ke hari. Liverpool akan menjadi lawan berat bagi kami,” tutur Nuno.

Lewat formasi 3-4-1-2, mantan pelatih FC Porto itu mengandalkan striker Raul Jimenez yang mengemas lima gol dan empat assist di Premiership musim ini. Selain Jimenez, ada gelandang Ruben Neves yang mengemas dua gol plus satu assist, dan Matt Doherty (tiga gol dan tiga assist). Conor Coady dan kolega selalu mencetak minimal dua gol dalam dua partai kandang terkini. Mereka mengatasi Chelsea 2-1 dan memukul Bournemouth dua gol tanpa balas. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here