blank
Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Biji selasih berasal dari daerah tropis di Asia Tenggara, India, dan Afrika Tengah, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Karena kedua biji ini sama-sama berasal dari Keluarga/Famili tanaman mint, maka keduanya terbilang cukup mirip dan sering tertukar.

salah satu manfaat yang bisa ia berikan ialah dapat mengurangi keluhan sakit maag akibat asam lambung yang berlebihan yang dimana manfaat ini didapat dari biji selasih yang direndam di dalam air yang akan membantu menenangkan bagian dinding perut dan mengurangi rasa terbakar pada sakit maag.

Biji selasih sering kali kita temukan pada es campur, es buah, dan minuman menyegarkan lainnya. Biji selasih digunakan sebagai pelengkap atau hiasan untuk mempercantik minuman. Biji selasih juga bisa membuat minuman menjadi lebih nikmat.

Baca Juga: Sering Jadi Campuran Untuk Berbuka, Ini 5 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan Tubuh

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa selain sebagai pelengkap atau hiasan minuman, biji selasih mengandung kalsium, magnesium, zat besi, serat, flavonoid, polifenol, dan omega 3. Kandungan yang terdapat dalam biji selasih tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari hallosehat, berikut lima manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

1.Mengobati Jerawat

Biji selasih mengandung antioksidan diantaranya flavonoid dan polifenol. Senyawa ini bisa membantu mengobati jerawat yang timbul di wajah. Selain itu aktioksidan tersebut juga bisa memelihara Kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas.

Baca Juga: Kaya Akan Kalsium, Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Kerang Kijing Bagi Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Biji selasih ternyata juga baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium, magnesium, dan zat besi dalam biji selasih mampu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Biji selasih mengandung serat yang larut dalam air yaitu pektin. Pektin merupakan salah satu jenis polisakarida komplek yang memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk menyerap zat gizi. Kandungan serat ini yang membuat biji selasih dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Kandungan pektin dalam biji selasih ternyata juga memberikan manfaat yang baik bagi sistem pencernaan. Pektin bersifat prebiotic, artinya jenis serat pangan ini sangat sehat untuk usus dan fungsi pencernaan. Ia mampu mengatur kadar air dalam tubuh dan mengendalikan sekresi hormon.

Baca Juga: Dapat Mengurangi Kecemasan Berlebih, Ini Lima Manfaat Markisa Bagi kesehatan Tubuh

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung pektin seperti biji selasih dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini bisa membuat kamu menjaga berat badan tetap ideal dan terhindar dari kenaikan berat badan.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah

Biji selasih memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu mengendalikan gula darah dan mencegah diabetes. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy.

Nah, itulah lima manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh. Ternyata walaupun sering dijadikan pelengkap atau hiasan pada minuman, biji selasih memiliki banyak manfaat.

Claudia