blank
Ilustrasi kerang kijing yang kaya kalsium baik untuk mencegah osteoporosis. Foto: Lazada

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kerang Kijing atau kerang remis merupakan kerang air tawar yang termasuk suku Unionidae. Kerang Kijing memiliki nilai gizi yang tinggi. Kijing mengandung kadar protein yang cukup tinggi yaitu 15,36% bb, air 79,85%bb, abu 2,54%bb dan lemak 1,65% bb (Devrizal, 2019). Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging kijing berpotensi untuk bahan baku pengolahan.

Kerang yang memiliki warna hitam dan cenderung kehijauan ini seringkali disantap oleh orang-orang karena memiliki citarasa yang nikmat apabila diolah dengan benar.

Kijing dapat dijadikan santapan lezat dan murah. Selain dapat dijadikan hidangan lezat, Kijing juga dapat dibuat minuman dalam bentuk minuman rebusan Kijing. Kecepatan reproduksi kijing ini cukup tinggi seperti halnya anggota dari kelas Bivalvia lainnya, terutama di daerah tropis.

Baca Juga:Mendukung Kesehatan Sendi, Ini Tiga Manfaat Kerang Hijau

Di Indonesia, kerang kijing biasa dijumpai di area perairan berarus seperti sungai, namun kerang jenis ini juga bisa ditemukan di perairan tawar lain seperti danau ataupun waduk. Kerang yang masuk ke dalam famili Unionidae ini juga diyakini memiliki beragam manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi. Berikut 3 manfaat mengonsumsi kerang kijing bagi tubuh.

1. Mencegah Risiko Osteoporosis

Seperti lazimnya jenis kerang lainnya, kijing juga memiliki kandungan mineral seperti magnesium, kalium, fosfor dan juga kalsium.

Melansir dari artikel berjudul “Kijing Taiwan (Anodonta woodiana) sebagai Sumber Kalsium Tinggi dalam Upaya Mencegah Osteoporosis,” kandungan mineral yang terdapat dalam kerang kijing atau remis baik untuk mengurangi risiko pengapuran pada tulang atau osteoporosis pada manula.

Baca JugaL: Dapat Mengurangi Kecemasan Berlebih, Ini Lima Manfaat Markisa Bagi kesehatan Tubuh

Selain itu, kandungan magnesium, fosfor dan kalsium yang terdapat dalam kijing juga baik untuk memaksimalkan pertumbuhan rangka tulang pada anak-anak.

2. Mengurangi Risiko Anemia

Kerang kijing juga menjadi salah satu jenis kerang yang mengadung mineral zat besi yang cukup tinggi. Melansir dari laman hellosehat.com, setiap 100 gram daging kerang kijing mengandung sekitar 12 mg zat besi. Jumlah tersebut sekitar 60% dari mineral zat besi yang diperlukan oleh orang dewasa.

Kandungan zat besi yang tinggi dalam kijing tersebut juga baik untuk pembentukan sel hemoglobin pada darah dan mampu menurunkan risiko anemia. Kendati bermanfaat, mengonsumsi kijing bagi orang yang memiliki alergi juga tidak terlalu disarankan.

Baca Juga: Tergolong Mahal, Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Kerang Abalon

3. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kerang kijing juga memiliki kandungan asam amino omega-3 yang baik dan diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Melansir dari artikel yang terbit dalam “Progress in Neuro-Psychopharmacology & Biological Psychiatry”, kandungan omega-3 yang terdapat pada jenis kerang-kerangan seperti kijing baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan memaksimalkan tumbuh kembang otak pada anak.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kijing bagi kesehatan. Semoga informasi nini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia