blank
ilustrasi buah markisa yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Markisa merupakan salah satu buah lokal yang sangat potensial untuk dikembangkan, karena tanaman markisa memiliki berbagai keunggulan dalam hal budidaya yang tergolong mudah, tidak banyak perawatan, tahan terhadap hama dan penyakit serta dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah.

Markisa merupakan tumbuhan semak atau pohon yang hidup menahun (perennial) dan bersifat merambat atau menjalar hingga sepanjang 20 meter atau lebih. Batang tanaman berkayu tipis, bersulur, dan memiliki banyak percabangan yang kadang-kadang tumbuh tumpang tindih.

Buah markisa mengandung kalori sebanyak 229, lemak 1,7 gram, natrium 66,1 miligram, karbohidrat 55,2 gram, serat 24,5 gram, gula 26,4 gram, protein 5,2 gram, vitamin C 70,8 miligram, vitamin A 151 mikrogram, zat besi 3,8 miligram, magnesium 64,8 miligram, dan potasium 821 miligram.

Baca Juga: Sering Dianggap Negatif, Padahal Memiliki Banyak Khasiat! Ini Manfaat Rebahan Bagi Kesehatan

Markisa ungu cenderung lebih manis dibandingkan kuning yang terasa kecut. Namun, keduanya memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Suara.com  nah, berikut ini 5 diantaranya.

1. Mengurangi kecemasan berlebih

Markisa diketahui kaya akan magnesium. Menurut para ahli, kandungan ini merupakan mineral terbaik untuk mengurangi kecemasan berlebih atau anxiety. Dengan rutin mengonsumsinya, rasa stres dapat teratasi dan tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Markisa juga sama dengan buah-buahan lainnya, yakni mengandung vitamin C, polifenol, dan beta-karoten yang bekerja sebagai antioksidan. Peran ini populer dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu, pilek, dan batuk.

Baca Juga: Membuat Kenyang Lebih Lama, Ini Lima Manfaat Mengonsumsi Telur bagi Kesehatan

3. Memperlancar sistem pencernaan

Tak hanya vitamin C, markisa juga termasuk dalam kelompok buah yang kaya akan serat. Kandungan ini mampu memperlancar sistem pencernaan, terlebih di bagian usus. Dengan begitu, segala gangguan seperti sembelit atau susah buang air besar dapat teratasi.

4. Mengatasi gejala asma

Penderita asma biasanya mengalami peradangan, sehingga sulit untuk bernapas. Markisa disebut mengandung polifenol yang memiliki sifat antiradang. Senyawa ini bisa saja membantu meredakan masalah tersebut hingga membuatnya menjadi lega.

Ditambah adanya kandungan vitamin C yang mampu memperlambat kinerja histamin. Zat ini berada di dalam sel dan dapat menyebabkan berbagai reaksi alergi serta gejala asma.

5. Menurunkan berat badan

Markisa mengandung rendah kalori, lemak, dan natrium, sehingga cocok dijadikan menu harian bagi kamu yang tengah diet. Ada juga serat yang mampu memberikan efek kenyang lebih cepat dan lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan banyak dapat berkurang.

Selain itu, markisa tinggi akan karbohidrat serta gula alami yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Jadi, saat tubuh kehilangan energi akibat olahraga, buah ini dapat mempercepat pemulihannya.

Itulah kelima manfaat yang bisa didapatkan dari pengonsumsian markisa. Apakah buah ini masuk ke dalam daftar favoritmu?

Claudia