blank
Telur kaya mineral bagi kesehatan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Beberapa hewan dapat menghasilkan telur, tetapi hanya jenis telur tertentu yang biasa diperdagangkan dan dikonsumsi manusia yaitu telur ayam, telur bebek, telur puyuh dan telur ikan.

Selain sebagai sumber protein dan vitamin, telur juga menjadi sumber mineral. Kandungan mineral telur bahkan hampir sama dengan kandungan mineral pada susu. Mineral yang terkandung dalam telur di antaranya adalah zat besi, kalsium, fosfor, yodium, tembaga, magnesium, potasium, mangan, sodium, zinc, klorida, dan sulfur.

Telur, salah satu jenis makanan yang begitu akrab bagi kebanyakan masyarakat, telah menjadi panganan favorit. Selain harganya yang relatif terjangkau dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan, telur juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Dapat Menengkan Kulit Sensitif, Ini Enam Manfaat Aleo Vera Bagi Kecantikan Kulitmu

Telur juga disebut-sebut sebagai “super food” dan dapat diolah dalam berbagai variasi, seperti di rebus, dadar, bacem hingga menjadi bahan utama dalam adonan kue. Meskipun demikian, kita juga harus berhati-hati dan memastikan bahwa tidak ada anggota keluarga yang alergi terhadap telur.

Dilansir dari Suara.com, berikut ini adalah beberapa manfaat luar biasa dari mengonsumsi telur.

1. Kaya Nutrisi

Telur rebus mengandung beragam nutrisi, termasuk protein (6 gr), lemak (5 gr), vitamin A (8% AKG atau Angka Kecukupan Gizi), folat (6% AKG), vitamin B2 (20% AKG), vitamin B5 (14% AKG), vitamin B12 (23% AKG), fosfor (7% AKG), dan selenium (28% AKG). Selain itu, telur juga mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin B6, kalsium, dan zinc.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap ini, tidak bisa dipungkiri bahwa telur merupakan makanan yang padat gizi sebagai asupan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan, telur juga mengandung omega-3 yang memiliki manfaat kesehatan.

Baca Juga: Ini Cara Ampuh Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Kamu Harus Tahu!

2. Kolesterol baik (HDL) Meningkat

Kandungan High-density lipoprotein (HDL), atau yang sering disebut sebagai kolesterol baik, bisa mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Konsumsi telur sebanyak 1-3 butir per hari selama sebulan dapat meningkatkan tingkat HDL sebesar 6-13%.

3. Bagus buat Mata

Kandungan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin dalam telur akan membuat mata sehat, terutama mencegah katarak dan degenerasi makula. Meskipun antioksidan ini juga dapat ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam dan kale, namun telur diakui lebih unggul karena kandungan lemak di dalamnya mampu menyerap antioksidan.

4. Kinerja Otak Makin Jos

Vitamin D dalam telur berperan penting menjaga kesehatan sel-sel otak. Selain itu, kolin yang terkandung dalam telur membantu melancarkan komunikasi antar sel saraf di otak. Nutrisi ini juga sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui karena membantu perkembangan otak anak.

Baca Juga: Dapat Menjaga Kualitas Tidur, Ini Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

5. Kenyang lebih lama

Tingginya kandungan protein dalam telur membuat kenyang bertahan lebih lama setelah mengonsumsinya. Hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada 50 orang dewasa dengan kelebihan berat badan menemukan bahwa mengonsumsi telur akan mengurangi rasa lapar hingga waktu makan berikutnya, dibandingkan dengan mengonsumsi sereal dengan susu/jus jeruk.

Penelitian lain juga melaporkan bahwa mengonsumsi telur juga dinilai mengurangi risiko meningkatnya lemak tubuh, terutama di area perut yang berhubungan dengan sindrom metabolik.

Baca Juga: Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Ini Empat Manfaat Ceker Ayam yang Jarang Diketahui

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua telur memiliki kandungan nutrisi yang sama. Telur ayam yang diberi pakan kaya akan omega-3 mengandung asam lemak omega-3 yang lebih tinggi. Asam lemak ini ternyata bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Dengan demikian, mengonsumsi telur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Itulah dia 5 manafaat telur bagi kesehatan yang baik untuk tubuh.

Claudia