blank
Menandai pembukaan program TMMD Sengkuyung I, Wabup Wonogiri Setyo Sukarno (tengah) menyerahkan peralatan kerja kepada perwakilan Polri, TNI dan Linmas.(Dok.Pendim 0728)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bupati Wonogiri yang diwakili Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno, Selasa (20/2), membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran (TA) 2024 Kodim 0728/Wonogiri.

Upacara pembukaannya digelar di Lapangan Desa Kulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Ikut hadir Dandim 0728 Letkol (Inf) Edy Ristriyono, Pasi Bhakti TNI Korem 074 Warastratama Mayor (Inf) Budi Suroto.

Hadir pula unsur Forkompimda, Kasdim 0728 Mayor Maulana Sirod Kakanminvetcad Wonogiri Mayor (Czi) Irawan Budi Sujarwo, Analis Kebijakan Bag SDM Polres Wonogiri Kompol Sunardi.

Juga hadir Kepala Dinas Pertanian, Baroto, Kepala Dinas Perumahan, Purwadi, Kasatpol PP Joko Susilo, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Mubarok, Kepala Diskominfo, Heru Nur Iswantoro, Pasiter Kodim 0728 Kapten (Inf) Sriyono, Camat Nguntoronadi, Endrijo Rahardjo bersama jajaran Forkompimcam setempat.

Upacara pembukaan ditandai dengan penyerahan alat kerja yang diterima kepada perwakilan TNI, Polri dan Linmas. Kata Wabup Setyo Sukarno, program TMMD menyatukan segenap elemen pemerintah dan masyarakat, untuk membangun desa secara komprehensif dan menyeluruh.

Empat Tahap

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, TMMD Sengkuyung pada Tahun 2024, direncanakan berlangsung dalam empat tahap. Hal ini sekaligus membuktikan bagaimana program ini memberi daya perubahan yang cukup besar dalam masyarakat.

Program-program TMMD yang menyentuh aspek fisik dan non-fisik, menjadi bagian dari upaya menghadirkan fasilitas infrastruktur desa, mendukung penanggulangan kemiskinan, membangun karakter kebangsaan, untuk kehidupan yang semakin baik yang dilakukan dalam semangat kebersamaan antar lini dalam pemerintahan dan masyarakat.

TMMD menjadi satu program yang selaras dengan semangat kebersamaan “Go Nyawiji Sesarengan mBangun Wonogiri” yang menjadi kekuatan dalam membangun Kabupaten Wonogiri yang Maju, Mandiri, Sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Setyo Sukarno menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi dengan telah dilaksanakannya Pemilihan Umum pada Tanggal 14 Februari yang lalu. Partisipasi masyarakat sangat baik, kerjasama antara seluruh pihak juga sangat baik, dan kita menghormati setiap hasil Pemilu, dengan tetap mengawal hingga penetapan hasil Pemilu yang sah.

Kata Wabup, melalui program TMMD yang dilaksanakan setelah Pemilu, saatnya kembali bersatu, membangun rekonsiliasi, menggelorakan semangat untuk kembali berjuang secara kolektif. Bersama-sama kita jaga persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat. Selamat membangun karya bhakti untuk negeri melalui TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024, untuk kemajuan dan kesejahteraan kita bersama.
Bambang Pur