blank
ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Paparan sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan produksi vitamin D yang salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang.

Sinar matahari pagi bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Sebagai informasi, paparan sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi hingga meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat berjemur di pagi hari yang optimal, sebaiknya berjemur di jam 8-11 pagi. Di jam tersebut provitamin D lebih dominan dibandingkan ultraviolet dari sinar matahari.

Baca Juga: Taukah Kamu Lebih Bahaya Sinar UVA atau UVB bagi Kesehatan Kulit? Yuk Simak…

Menurut dr. Bhavare, sinar matahari sebelum jam 8 pagi dan setelah jam 5 sore adalah sinar matahari tersehat, karena dapat mencegah risiko terbakarnya kulit oleh matahari. Namun, beberapa ahli mengatakan sebaliknya, yakni sinar matahari jam 8 pagi hingga jam 5 sore justru lebih sehat daripada di luar waktu tersebut.

Akan tetapi, coba hindari paparan sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 5 sore karena indeks sinar UV tergolong tinggi. Untuk durasi berjemur yang dianjurkan agar bisa memperoleh manfaat sinar matahari pagi secara optimal adalah selama 10 sampai 15 menit.

Menyadur dari siloamhospitals.com, berikut beberapa manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Tips Memutihkan Kulit Akibat Sengatan Sinar Matahari

1. Tingkatkan Produksi Vitamin D

Sinar matahari pagi mempunyai manfaat dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh dan fungsi vitamin D ini adalah membantu penyerapan fosfor dan kalsium di saluran pencernaan.

Jika kita rutin berjemur di pagi hari, ini bisa membantu tubuh dalam mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dalam mendukung kesehatan tulang dan gigi.

2. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Mendapat asupan vitamin D dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih bisa melawan berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Tips Menjaga Kelembapan Kulit Ketika Terkena Sinar Matahari

Selain itu, bagi orang yang mengidap penyakit sklerosis multipel, tuberkulosis, flu, penyakit jantung, penyakit autoimun hingga jenis penyakit kanker lainnya juga harus kerap berjemur di pagi hari sebagai proses pemulihan.

3. Perbaiki Kualitas Tidur

Saat tidur adalah menjadi waktu terbaik untuk tubuh dalam memperbaiki sel yang rusak dan juga memulihkan stamina. Akan tetapi, akibat kadar hormon serotonin yang rendah di dalam tubuh, hal ini bisa membuat tidur kurang berkualitas.

Oleh karena itu, guna mengatasi hal ini harus dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Pasalnya, sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon serotonin yang mana untuk mengatur siklus tidur dan membuat pikiran tetap tenang.

Itulah tadi sederet manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Claudia