blank
Pangdam IV/Diponegoro gandeng para Pimpinan Media Jateng-DIY gelar Coffe Morning, pererat sinergitas. Foto: Dok/Pendam

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi R menggelar Coffe Morning bersama para pimpinan media (pimpinan redaksi) media se-Jateng dan DIY, serta Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan, di Lapangan Parade Makodam, Jumat (2/2/2024).

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelepasan ribuan satwa oleh Pangdam IV/Diponegoro. Keakraban dan kekeluargaan menghiasi acara tersebut, dimana Pangdam bersama para tamu undangan saling menyapa serta bernyanyi bersama.

“Saya berharap momen yang baik ini menjadi wahana untuk bertukar pikiran, bersilaturahmi, dan menjalin komunikasi yang intens antara institusi TNI, khususnya Kodam IV/Diponegoro dengan rekan-rekan insan pers dan komunitas pecinta alam serta lingkungan di Jateng dan DIY,” kata Pangdam.

Pangdam mengatakan, Indonesia kaya akan sumber daya alam hayati dan keanekaragaman satwa. Termasuk alam yang begitu indah. Maka untuk menjaga kekayaan tersebut diperlukan adanya kerja sama antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan hidup dalam menjaga kelangsungan alam dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia yang tidak bertanggung-jawab.

“Alam yang begitu indah apabila dikelola dengan baik akan memberikan manfaat sebagai sumber kekayaan penduduk,” tambahnya.

Apresiasi diberikan Pangdam kepada para komunitas dalam menjaga kelestarian alam melalui kampanye pola hidup sehat dan ramah lingkungan, serta terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan penghijauan di daerah-daerah rawan bencana.

Kodam IV/Diponegoro juga menggelar karya bakti di seluruh jajaran dengan melakukan penanaman pohon, pembersihan aliran sungai, dan pasar bersama-sama dengan unsur Polri, Pemerintah Daerah, kelompok pemuda dan masyarakat.

Pangdam juga mengucapkan terimakasih kepada media atas kontribusi dalam mempublikasikan berita-berita tentang kiprah Kodam IV/Diponegoro, sehingga citra positif TNI khususnya Kodam IV/Diponegoro dapat dipertahankan.

“Saya berharap kerja sama ini akan terus berlanjut dan dapat ditingkatkan, khususnya dalam rangka menciptakan iklim kondusif di wilayah Jateng dan DIY,” ujarnya.

Diharapkan dengan digelarnya acara tersebut sinergitas dan soliditas antara TNI dengan rekan-rekan media maupun Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan semakin meningkat, sehingga menciptakan berita yang sejuk di media-media maupun menciptakan lingkungan yang asri, sesuai dengan doktrin dari Kasad, ‘TNI AD Bersama dengan Rakyat, Bersatu dengan Alam untuk NKRI’.

Dalam kegiatan juga dihadiri Irdam, Brigjen TNI Yudi Pranoto, Kapok Sahli Pangdam, Brigjen TNI Bambang Sujarwo, para Danrem, para Asisten Kasdam, Kabalakdam, Ketua KPID Jateng, dan para pimpinan redaksi se-Jateng-DIY.

Ning S