Ilustrasi digigit nyamuk. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jika kita digigit nyamuk, memang rasanya tidak nyaman karena menimbulkan rasa gatal. Selain gatal, kulit akan timbul bentolan dan memerah yang bisa mengganggu penampilan.

Melansir dari Hellosehat, saat nyamuk menusuk dan menyedot darah melalui kulit manusia, ia tidak sengaja memasukkan air liurnya ke dalam tubuh manusia.

Air liur inilah yang diartikan oleh tubuh sebagai benda asing, sehingga reaksi histamin bekerja dan menghasilkan sejumlah gejala, seperti kulit kemerahan, gatal, bentol kehitaman, dan bengkak.

Namun kondisi ini akan hilang dengan sendirinya karena tubuh memiliki regulasi tersendiri untuk menanganinya. Jika kamu merasa terganggu dengan gejala yang muncul, ikuti cara-cara berikut untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cepat.

1. Berikan kompres dingin
Setelah digigit nyamuk dan menemukan bentol, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengompres bagian kulit yang baru digigit. Kamu bisa memakai kompres dingin dengan memasukkan buah es batu ke dalam plastik, dan balut dengan handuk tipis untuk langkah ini.

Kompres dingin bertujuan meredakan reaksi peradangan pada kulit, serta mengurangi rasa gatal di kulit akibat gigitan nyamuk. Tempelkan kompres dingin tersebut ke kulit untuk membantu menghilangkan rasa gatalnya.

2. Hindari menggaruk

Bintik atau bentol merah pada kulit yang digigit nyamuk adalah reaksi yang wajar. Namun, rasa gatalnya kadang sangat mengganggu yang akhirnya tanpa sadar membuat kamu terus-menerus menggaruknya.