Ilustrasi digigit nyamuk. Foto: Dok/Pixabay

Padahal, menggaruk kulit tidak dapat menghilangkan bekas gigitan nyamuk, justru bisa semakin membuatnya gatal. Hal ini bahkan bisa menyebabkan luka yang susah hilang bila kamu punya kulit sensitif.

Pastikan kamu sebisa mungkin hindari menggaruk bentol yang terasa gatal. Apabila bayi dan anak-anak sulit menahan rasa gatal dan ingin menggaruknya, kamu bisa menempelkan plester pada bagian bekas gigitan nyamuk.

3. Gunakan obat-obatan

Kamu juga dapat menggunakan krim antigatal, obat antihistamin, atau obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek untuk meredakan gatal akibat gigitan nyamuk.

Salah satu obat untuk meredakan gatal yang bisa kamu coba yaitu losion calamine atau krim hidrokortison. Untuk reaksi yang lebih kuat, obat antihistamin oral juga bisa kamu gunakan. Untuk obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum penggunaannya.

4. Gunakan pasta oatmeal

Oatmeal dapat membantu meredakan gejala gigitan nyamuk seperti rasa gatal dan pembengkakan. Hal ini berkat sifat anti-iritasi dan antiradang yang ada pada oatmeal, sehingga dapat meredakan gejala gigitan nyamuk.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan oatmeal yaitu dengan membuat pasta oatmeal terlebih dulu. Kemudian, ambil sedikit pasta lalu letakan di atas kulit yang terasa gatal selama 10 menit lalu bersihkan kulit.

Proses ini dapat menenangkan dan menghilangkan ketidaknyamanan serta membantu kulit untuk pulih dengan lebih cepat. Untuk menghilangkan bekas gigitan secara permanen, biasanya diperlukan waktu dan perawatan tambahan.

5. Lumuri madu

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang berpotensi membantu mempercepat proses penyembuhan kulit, termasuk gigitan nyamuk, mengurangi peradangan, dan mencegah infeksi.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan madu cukup dengan mengoleskan madu ke area kulit yang digigit nyamuk, diamkan 10 menit lalu bersihkan kulit. Cara ini juga dapat menghindari menggaruk di area bentol karena nyamuk, karena tekstur madu yang lengket saat disentuh.