Ilustrasi digigit nyamuk. Foto: Dok/Pixabay

6. Oleskan aloe vera

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam lainnya yaitu dengan mengoleskan aloe vera. Lidah buaya memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan pada gigitan nyamuk. Selain itu, aloe vera juga memberikan efek mendinginkan sehingga mempercepat proses penyembuhan kulit.

Oleskan tanaman lidah buaya atau produk aloe vera siap pakai pada area yang terkena gigitan nyamuk. Biarkan lidah buaya mengering di kulit tanpa perlu dibilas. Ulangi pemakaian jika gejala gigitan nyamuk belum mereda sepenuhnya.

7. Oleskan minyak peppermint

Peppermint oil telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan gatal. Salah satu penelitian dalam jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology mengatakan bahwa minyak ini dapat digunakan untuk gatal jangka panjang maupun jangka pendek, seperti gigitan nyamuk.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan minyak peppermint yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak ini dengan minyak pengencer, lalu oleskan pada area kulit yang digigit serangga.

Kamu bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam air, lalu berendam selama beberapa menit. Cara ini dapat meredakan gatal-gatal dan bentol jika kamu mengalami gigitan serangga di area kulit yang luas.

8. Oleskan pasta baking soda

Selain untuk memasak dan membersihkan alat dapur, pasta baking soda juga dapat menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Baking soda (natrium bikarbonat) memiliki sifat antiradang dan antipruritic yang dapat membantu meredakan gigitan nyamuk dan bekasnya.

Kedua sifat ini dapat membantu mengurangi peradangan, gatal, dan pembengkakan pada area gigitan nyamuk. Baking soda juga dapat membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga lebih baik dalam menghadapi peradangan.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan baking soda yaitu dengan membuat pasta baking soda, lalu oleskan tipis pada bekas gigitan nyamuk, lalu biarkan selama beberapa menit. Kemudian bilas area tersebut dengan air bersih, ulangi hingga gejala mulai mereda.

Untuk mencegah gigitan nyamuk terjadi kembali, pastikan memakai baju yang menutupi lengan dan kaki dengan baik selama beraktivitas agar nyamuk tidak hinggap pada tubuh kamu. Jangan lupa, jaga kebersihan lingkungan dan rumah, agar nyamuk enggan berkembang biak di sekitar kamu ya…!

Ning S