Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ceker ayam menjadi salah satu masakan yang banyak disajikan di Indonesia. Selain rasanya yang empuk dan kenyal, ceker ayam juga mengandung segudang manfaat baik bagi tubuh.

Ceker ayam memiliki banyak nutrisi seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen yang membantu memperkuat persendian dan mencegah tulang rapuh yang terjadi di usia tua.

Karena mengandung protein dan zat besi yang cukup tinggi, manfaat ceker ayam juga bisa diperoleh untuk mencegah anemia, terutama yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Namun, pastikan juga Anda mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kadar sel darah merah tetap normal.

Baca Juga: Dapat Mengurangi Rasa Stress, Ini Tiga Manfaat Hujan-hujanan bagi Kesehatan Fisik

Dilansir dari Suara.com, salah satu manfaat mengonsumsi ceker ayam adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Mau tahu apa lagi? Intip ulasannya di bawah!

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Dilansir dari laman Healthline, ceker ayam mengandung kolagen tinggi yang dapat meningkatkan hidrasi, kekasaran, elastitsitas, serta kepadatan kulit tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 105 wanita dengan selulit sedang menemukan bahwa konsumsi kolagen secara teratur dapat mengurangi selulit dan kulit bergelombang. Selain itu, asupan kolagen juga memiliki manfaat baik bagi penyembuhan luka dan penuaan kulit.

Kolagen dapat bekerja dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, molekul penahan air yang dipercaya membantu mencegah penuaan kulit.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Kolesterol, Ini Lima Manfaat Air Rebusan Serai

2. Mencegah tulang keropos

Asupan kolagen juga dapat meningkatkan pembentukan dan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause.

Sebuah penelitian pada 102 wanita menemukan bahwa mengonsumsi 5 gram peptida kolagen per hari dapat meningkatkan kepadatan dan sintesis mineral tulang sekaligus mengurangi degradasi tulang.

Selain itu, dalam studi lain mereka yang mengonsumsi kolagen juga lebih sedikit kehilangan kepadatan mineral tulang. Banyak peneliti percaya bahwa kolagen dapat memberikan efek ini karena merupakan penyusun utama massa tulang.

3. Mengurangi nyeri sendi

Kolagen dalam ceker ayam dapat meredakan nyeri sendi. Penelitian menunjukkan bahwa kolagen dapat menimbulkan regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoartritis. Jenis radang sendi ini mampu merusak tulang rawan Anda, menyebabkan tulang bergesekan satu sama lain, hingga kesulitan bergerak.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Kulit, Tiga Manfaat Mengonsumsi Udang Putih

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi kolagen yang berasal dari ceker ayam dapat mengurangi penanda nyeri, kekakuan, dan disfungsi fisik.

4. Meningkatkan imun tubuh

Menurut Food and Home, ceker ayam merupakan camilan bergizi tinggi yang juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena kandungan mineral yang bermanfaat membangun kesehatan. Selain itu, kolagen dan beberapa mineral lain, seperti tembaga, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng juga bermanfaat dalam mengatasi serangan penyakit. Jadi, dengan mengonsumsi ceker ayam secara rutin dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Itu tadi 4 manfaat makan ceker ayam bagi tubuh. Baru tahu, kan?

Claudia