blank
Ilustrasi cincau yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cincau hijau pohon atau dengan nama lain Premna oblongifolia Merr. merupakan bahan makanan tradisional yang telah lama dikenal masyarakat dan digunakan sebagai pelengkap dari minuman segar seprti es cendol. Cincau tersebut disenangi masyarakat karena berasa khas, segar, dingin, serta harganya terjangkau.

Daun cincau hijau banyak ditemui di berbagai tempat di Indonesia, dari pasar tradisional hingga di pusat perbelanjaan modern. Tanaman ini dikenal dengan nama camcao (Jawa), camcauh (Sunda), juju, kepleng, krotok, tarawalu, tahulu (Melayu).

Manfaat cincau hijau yaitu, berkaitan dengan demam dan sakit tenggorokan. Cincau memiliki sifat menyejukkan yang dapat memberikan rasa kenyamanan pada tenggorokan yang meradang. Kandungan serat, mineral, dan antioksidan di dalamnya mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mendukung pemulihan penyakit, termasuk demam.

Baca Juga: Ini Manfaat Konsumsi Sayuran dan Buah saat Puasa

Dilansir dari Suara.com, cincau mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat dapat membantu menyerap air dan membentuk massa padat di dalam usus, sehingga dapat membantu mencegah sembelit. Kandungan gula pada tanaman ini mampu melawan bakteri penyebab sakit perut dan mengoptimalkan fungsi pencernaan.

Cincau juga menjadi salah satu menu takjil favorit. Karena selain menyegarkan rasanya juga nikmat. Ternyata di balik rasanya yang nikmat, cincau juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Alodokter, berikut 5 manfaat cincau bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Imunitas

Dalam cincau terdapat kandungan senyawa bioaktif, seperti klorofil, alkaloid, terandin, saponin, dan flavonoid. Kandungan tersebut berfungsi sebagai imunomodulator artinya dapat menjaga keseimbangan komponen dalam sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Jadi Lebih Asik dan Tak Mati Gaya, Ini Lima Ide Ngabuburit Kumpul Bersama Teman

Hal ini juga berdampak pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh sehingga kamu bisa terhindar dari risiko terkena infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

2. Mencegah Diabetes

Dalam cincau juga diketahui mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya stres oksidatif yang merupakan salah satu pemicu penyakit diabetes melitus.

Tak hanya itu, cincau juga mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat ini diketahui dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah. Sehingga dengan mengonsumsi cincau kamu akan terhindar dari risiko terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Ini Manfaat Konsumsi Sayuran dan Buah saat Puasa

3. Menjaga Kesehatan Lambung

Cincau juga diketahui dapat menjaga kesehatan lambung. Hal ini berkat adanya kandungan flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid dalam cincau. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah kerusakan dinding lambung akibat meningkatnya asam lambung.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Adanya kandungan serat dan klorofil dalam cincau dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya hiperlipidemia atau tingginya kadar lemak jahat dalam darah. Kadar lemak jahat yang tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit di pembuluh darah dan jantung, seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

5. Mengobati Diare

Manfaat cincau yang terakhir bagi kesehatan tubuh adalah dapat membantu mengobati diare. Ekstrak daun cincau diketahui memiliki kemampuan menyembuhkan diare yang setara dengan loperamide atau obat diare.

Nah, itulah lima manfaat cincau bagi kesehatan tubuh. Agar kamu mendapatkan manfaat cincau tersebut, maka sebaiknya konsumsi cincau yang diproses dengan bersih dan tanpa tambahan bahan kimia maupun pemanis buatan.

Claudia