blank
Ilustrasi mencari takjil untuk berbuka puasa. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tradisi ngabuburit di Indonesia biasa dilakukan selama bulan Ramadan. Ngabuburit merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan yang dilakukan pada sore hari dalam rangka menyambut waktu berbuka puasa yakni waktu menjelang azan Magrib. Istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda.

Ngabuburit berasal dari kata dasar burit, yang apabila diterjemahkan artinya senja atau sore hari. Dalam buku Kamus Sunda-Indonesia, ngabuburit artinya jalan-jalan menunggu waktu senja dan umumnya dilakukan pada bulan puasa.

Kata ngabuburit sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Sunda “burit” yang memiliki arti waktu menjelang sore. Secara keseluruhan ngabuburit merupakan singkatan dari “ngalantung ngadagoan burit” yang berarti bersantai-santai menunggu waktu sore.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kantuk saat Puasa

Waktu berbuka puasa adalah momen menyenangkan di bulan Ramadan yang jadi incaran. Selain lega karena menikmati makanan dan minuman setelah sehari penuh menjalani ibadah berpuasa dari subuh hingga maghrib, buka puasa memberikan momentum untuk mengakrabkan diri dengan orang-orang terdekat.

Untuk menghalau bosan sebelum buka puasa, kamu dapat menggunakan waktu luang dengan ngabuburit lho. Ngabuburit akan terasa lebih nyaman dengan mengajak teman. Dilansir dari Suara.com, supaya tidak mati gaya, berikut 5 ide ngabuburit yang bisa kamu terapkan waktu kumpul bersama teman:

1. Membaca buku di perpustakaan

Ngabuburit menjadi waktu yang pas digunakan untuk kamu melunasi daftar bacaan buku yang sudah tertumpuk lama. Supaya tidak bosan dengan suasana yang ada di rumah ajak temanmu mengunjungi perpustakaan di kota kalian.

Baca Juga: Tiga Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Para Penderita Maag Saat Berpuasa

Koleksi buku perpustakaan tentunya lebih lengkap dari berbagai genre. Di perpustakaan juga terdapat petugas yang akan siap siaga membantumu memberi referensi buku terbitan terbaru.

2. Mencari takjil bersama teman

Dikutip dari laman Cashlez kata takjil berasal dari bahasa arab Ajila yang bermakna menyegerakan. Sehingga takjil dapat diartikan sebagai perintah untuk menyegarakan berbuka puasa.

Di Indonesia kata takjil identik dengan arti kudapan-kudapan yang dikonsumsi saat berbuka. Kegiatan berburu takjil ini cocok kamu lakukan bersama teman agar Ramadan lebih berkesan.

Baca Juga: 5 Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa

3. Kreasi menu untuk berbuka

Jika sudah mencicipi beli takjil di luar rumah, kamu dapat mencoba untuk berkreasi membuat menu sendiri. Mulai dari makanan hingga minuman untuk buka menunya dapat kamu peroleh lewat internet.

Seandainya mau lebih menantang kamu bisa bertanya menu turun temurun yang ada di keluargamu atau temanmu. Kerja sama kalian berdua untuk menyusun menu sesuai dengan resep akan jadi pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan.

4. Memanjakan diri bersama

Kegiatan favorit kaum hawa ini cocok menjadi pilihan sebagai ngabuburit. Selain manfaat perawatan diri yang membuat tubuh makin fresh dan segar, kamu dapat melakukan perawatan diri sendiri di rumah. Mulai dari creambath, masker, body scrub bisa kamu lakukan dengan mengikuti tutorial yang tersedia di YouTube.

Baca Juga:Begini Tips Sehat saat Puasa di Musim Pancaroba

Selain mempercantik diri bersama teman, perawatan diri di rumah dapat kamu jadikan quality time bersama dari kesibukan tugas ataupun pekerjaan sehari-hari.

5. Membuat konten di sosial media tentang bulan Ramadan

Berbagai platform media sosial memiliki keunggulan masing-masing. Mulai dari yang menonjolkan konten berbentuk video, gambar atau foto dan tulisan. Pilihlah yang sesuai dengan hobi yang kamu miliki. Bersama teman buat konsep bersama konten apa yang ingin kalian bagi ke teman-teman saat bulan Ramadan. Di samping kegiatan ngabuburit, membuat konten dapat mengasah kreativitas kamu yang nantinya dapat berguna dipergunakan di perkuliahan ataupun dunia kerja.

Itu dia 5 kegiatan ngabuburit yang dapat kamu lakukan bersama teman. Semoga semakin semangat ya ibadah puasanya!

Claudia