blank
Kopi, salah satu minuman yang harus dihindari saat sahur maupun berbuka puasa. Foto: Dok/SB

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selama menjalani puasa, agar tubuh tak mengalami dehidrasi, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Kamu dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi 2 liter air putih yang setara dengan 8 gelas saat berpuasa.

Selain air putih, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman lainnya yang menyegarkan. Namun, kamu juga harus berhati-hati saat memilih minuman. Pasalnya, beberapa jenis minuman justru bisa membuat kamu mudah merasa haus atau memicu gangguan kesehatan.

Melansir dari Halodoc, ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Berikut jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur maupun berbuka puasa.

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda dingin memang menyegarkan di tenggorokan. Sensasi soda yang membasuh tenggorokan terasa melegakan sesaat. Namun, jangan sampai tertipu, perasaan segar dan dahaga terlepas tersebut hanya datang sekejap saja. Justru minuman bersoda malah bikin kamu tambah haus. Selain itu, minum minuman bersoda saat perut masih kosong dapat meningkatkan asam lambung jadinya bikin perut kembung.

2. Kopi

Kopi termasuk minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, kandungan kafein pada kopi dapat membuat lambung terasa nyeri karena perut dalam keadaan kosong. Juga kopi hitam yang justru malah menambah lapar.

Meski begitu, bukan berarti kopi adalah pantangan selamanya saat menjalani puasa, hanya saja lihat-lihat waktunya. Misalnya ketika sahur, sebaiknya kopi diminum sebagai penutup yang diakhiri dengan air putih.

Kopi paling pantang diminum saat berbuka puasa. Sebaiknya minum kopi setelah perut terisi dan berikan jeda yang cukup panjang. Misalnya sekira pukul delapan malam, saat santai selepas tarawih. Usahakan jangan meminum kopi hitam, cappuccino ataupun kopi jahe.

3. Air lemon

Hindari konsumsi air lemon saat berbuka puasa. Sebab kandungan asam pada air lemon bisa membuat perut terasa perih, karena tubuh belum mengkonsumsi makan apa pun. Alternatifnya, pilihlah minuman lain untuk mendapatkan sensasi kesegaran. Contohnya seperti air mentimun yang bikin perut kamu lebih nyaman dan dingin ketimbang air lemon.

4. Air es

Walaupun namanya sama-sama air putih, air es termasuk minuman yang dihindari saat sahur dan berbuka, karena tidak baik untuk kesehatan. Penjelasannya karena kondisi air es yang sangat dingin dapat membuat perut terkejut dan kembung. Jadi, sebaiknya minumlah air putih pada suhu ruangan atau sedikit dingin tidak masalah.

Paling baik adalah minum air hangat, karena minuman hangat nyaman bagi perut yang dalam keadaan kosong. Kalau setelah menyantap makanan buka puasa, kamu ingin minum air dingin, tidak masalah. Hanya saja jangan melakukannya ketika perut belum terisi dengan makanan berat.

5. Susu

Susu memang baik untuk kesehatan dan pencernaan, tapi tidak selamanya minuman tersebut aman dikonsumsi. Apalagi kalau kamu minum susu sebagai minuman saat berbuka puasa. Dalam kondisi perut kosong seharian baru kemudian minum susu malah akan bikin kamu mual dan bukan tak mungkin menyebabkan muntah parah.

Ning S