blank
Erick Thohir bersama STY berbincang santai usai pertemuan di antara keduanya di Jakarta, belum lama ini. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Berlaga secara home and away, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), optimistis dapat mengatasi ketangguhan Vietnam, dalam dua laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kedua tim akan saling berhadapan pada Kamis (21/3/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, dan Selasa (26/3/2024) di Vietnam.

Menurut STY, persiapan yang telah dilakukan timnya sudah cukup lama. Termasuk di antaranya, adanya kekuatan baru dengan masuknya beberapa pemain naturalisasi. Seperti Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Nathan Tjoe A On, dan Jay Idzes. Meski demikian, starting eleven akan ditentukan jelang laga dimulai.

BACA JUGA: Kapolda Jateng Beri Bantuan Korban Banjir di Pekalongan, Pastikan Kebutuhan Pokok Warga Terpenuhi

”Sebagai pelatih kepala saya optimistis. Saya serius menyiapkan tim semaksimal mungkin. Saat bertemu dengan beberapa pemain timnas di Eropa, saya menyempatkan diri berbicara, makan malam, dan membangun motivasi para pemain, untuk menang melawan Vietnam,” ujar STY di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu, seperti dilansir dari laman resmi PSSI menyatakan, kemenangan melawan Vietnam, baik di SUGBK dan saat laga tandang, menjadi target yang dijanjikan kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Meski demikian, dia tidak bersedia menyebutkan skornya. Alasannya, karena sepak bola tidak dapat diperkirakan.

BACA JUGA: Sukses Turunkan Stunting, Layanan Prioritas Diperluas ke 70 Desa

”Terakhir kami menang satu gol di Asian Cup. Bagaimana besok? Sepak bola tidak sesederhana itu. Namun yang pasti, saya optimistis tim akan siap saat pertandingan nanti, dan mengejar kemenangan, baik di GBK ataupun Vietnam,” tukas STY.

Sementara itu pada kesempatan yang lain, PSSI menyampaikan apresiasinya kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang telah menandatangani dokumen naturalisasi atas nama Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes.

Sebelumnya, Komisi X dan III, juga telah menyetujui permohonan pewarganegaraan ketiga pemain itu pada Kamis (7/3/2024).

”PSSI menyampaikan terima kasih kepada Komisi X dan III DPR, yang selama ini selalu membantu, terkait program naturalisasi. Terima kasih juga kepada Ketua DPR, Puan Maharani, yang telah menandatangani permohonan pewarganegaraan ini,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Riyan