blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi menyerahkan bantuan sosial untuk warga korban banjir di Pekalongan. Foto: Dok/Humas (14/3/2024)

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi bersama PJU Polda Jawa Tengah mengunjungi korban banjir di wilayah Desa Wangandowo Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Kamis (14/3/2024).

Kedatangan Kapolda ini untuk memberikan bantuan sembako dan memastikan kebutuhan pokok bagi korban banjir tercukupi.

Diketahui, banjir terjadi sejak Rabu sore (13/3/2024) sekitar pukul 17.00 WIB, dimana saat itu hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Pekalongan, tak terkecuali wilayah Bojong.

Luthfi dalam kunjungannya menyambangi tempat pengungsian, tepatnya di kediaman Rifani, Sekretaris Desa Wangandowo.

Menurut Luthfi, saat ini Kapolres, Dandim, dan Sekda sudah melakukan identifikasi terkait banjir bandang yang terjadi di Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Selain itu, juga sudah dilakukan pendataan rumah yang rusak.

“Ada sekitar 70 rumah yang rusak. Brimob, Sabhara, TNI dan masyarakat saat ini masih pembersihan rumah,” kata Luthfi.

Luthfi mengatakan, rumah-rumah yang rusak tersebut nantinya akan dibangun kembali. “Akan kita bangun kembali rumah-rumah yang rusak. Dari pihak perusahaan akan merecovery semua rumah warga yang rusak, sehingga mereka bisa kembali ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

“Posko kesehatan juga sudah didirikan, yang diperlukan saat ini adalah antisipasi apabila timbul banjir susulan,” imbuhnya.

Luthfi menyebut, di wilayah Jawa Tengah saat ini hampir rata-rata terdampak banjir. “Di Semarang ada 17 titik banjir, sedangkan untuk Pekalongan Kota juga nanti akan saya cek,” ujarnya.

Ning S