blank
Ilustrasi makanan bersantan yang tinggi lemak. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memasuki bulan Ramadan seperti sekarang ini, tentunya bagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa dari waktu subuh hingga terbenamnya matahari atau waktu maghrib.

Selama berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Hal ini dikarenakan penderita maag tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya saat menjalani puasa.

Namun, bagi para penderita maag, melakukan ibadah puasa tentunya memerlukan perlakuan khusus, terutama dalam memiliki makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa atau saat sahur.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Nyeri Saat Maag Kambuh

Walaupun puasa tidak batal, penderita asam lambung boleh saja jika ingin membatalkan puasa untuk minum obat asam lambung atau karena tidak kuat untuk berpuasa.

Tak jarang penderita GERD merasa khawatir selama berpuasa karena adanya perubahan pola makan tersebut. Nyatanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit GERD sembuh dengan puasa selama penderitanya tetap menjalani gaya hidup sehat.

Sejatinya dengan berpuasa, para penderita maag juga dapat merasakan efek positif dari kegiatan tersebut. Namun, hal ini juga perlu diperhatikan dengan tidak mengonsumsi makanan secara asal-asalan yang bisa berisiko menimbulkan maag.Dilansir dari Suara.com, berikut ini 3 jenis makanan yang wajib dihindari para penderita maag saat berpuasa.

Baca Juga: Ini Perbedaan Asam Lambung dan Maag, Kamu Wajib Tahu!

1. Makanan Dengan Tinggi Lemak

Makanan dengan kadar lemak tinggi sebaiknya cukup dihindari untuk dikonsumsi para penderita maag saat menjalani ibadah puasa. Melansir dari artikel berjudul “The Best and Worst Foods for Acid Reflux”, makanan berlemak berisiko menunda pengosongan perut. Hal ini dapat membuat kadar asam lambung menjadi meningkat dan rawan menyebabkan nyeri karena iritasi berlebih.

Sejatinya makanan berlemak masih diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Akan tetapi, tentunya dengan jumlah yang sangat terbatas. Beberapa makanan tinggi lemak yang dianjurkan untuk dihindari oleh penderita maag adalah berbagai jenis gorengan, makanan dengan kuah santan, makanan tinggi minyak dan juga beberapa olahan susu.

2. Makanan Pedas

Bagi kamu yang memiliki maag, tentunya cukup membatasi mengonsumsi makanan dengan kadar pedas yang cukup tinggi. Hal ini karena berisiko meningkatkan kadar asam lambung dan juga memperparah iritasi pada lapisan dinding dalam lambung.

Baca Juga: Dapat Meredakan Gejala Maag, Ini Empat Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan

Melansir dari artikel berjudul “Heartburn: Foods to Avoid”, makanan pedas perlu dihindari dikonsumsi berlebih saat berpuasa bagi penderita maag. Terutama saat dalam kondisi perut kosong saat berbuka puasa. Hal ini rawan menyebabkan perut terasa panas dan dapat memicu gejala maag.

3. Minuman dan Makanan Berkafein Tinggi

Makanan dan minuman berkafein tinggi juga harus dihindari oleh para penderita maag saat menjalani ibadah puasa. Minuman tinggi kafaein seperti soda, kopi, teh dan minuman beralkohol juga rawan menyebabkan kadar asam lambung menjadi naik. Selain itu, makanan yang terbuat dari bahan-bahan tinggi kafein diatas juga berisiko menyebabkan hal yang sama.

Nah, itulah beberapa makanan yang pantang dikonsumsi oleh penderita maag saat berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia