Ilustrasi jamu. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jamu merupakan minuman yang terbuat dari bahan herbal dan dipercaya bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu jamu yang biasanya disukai oleh masyarakat adalah jamu beras kencur yang terbuat dari rimpang kencur dan rendaman beras.

Jamu beras kencur terbuat dari bahan beras yang sudah dibersihkan dan dihaluskan, kemudian ditambahkan dengan kencur. Untuk membuat rasa manis dalam beras kencur tersebut dalam membuatnya ditambahkan dengan gula jawa atau gula merah, jamu tradisional ini sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Tidak hanya berguna untuk menghangatkan lambung, jamu yang satu ini juga dapat mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan. Hal tersebut bisa terjadi berkat kandungan antioksidan yang memberi efek antiinflamasi sekaligus analgesik.

Baca Juga: Bunga Rosella, Si Merah yang Kaya Manfaat

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin, maka akan membantu mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain dikonsumsi secara rutin sebagai jamu, ternyata manfaat beras kencur untuk wanita dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit.

Dilansir dari Suara.com, dalam jamu beras kencur ini terdapat berbagai nutrisi vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh seperti di antaranya kalsium, kalium, fosfor, flavonoid, magnesium, seng, mangan, zat besi, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E.

Seperti dirangkum dari siloamhospitals.com, berikut ini adalah beberapa manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan tubuh:

1. Meredakan Gejala Maag

Jamu beras kencur bisa meredakan gangguan pencernaan seperti maag. Hal ini karena di dalamnya terdapat senyawa antispasmodik dan antiradang yang dapat membantu meredakan gejala maag, seperti mual, muntah, dan perut kembung. Kemudian kandungan senyawa antiradang dalam beras kencur ini bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi.

Baca Juga: Seringkali Dibuang, Ini 3 Manfaat Kulit Durian yang Wajib Kamu Tahu

2. Mengatasi Batuk Berdahak dan Hidung Tersumbat

Jamu beras kencur bisa mengurangi berbagai gejala flu seperti batuk berdahak dan hidung tersumbat. Hal ini karena dalam beras kencur terdapat senyawa yang bersifat antimukolitik, antiseptik, antiradang sehingga bisa mengatasi peradangan dan mengurangi kekentalan lendir serta dahak di dalam tenggorokan.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengetahui dosis dan cara kerja jamu beras kencur dalam mengatasi masalah kesehatan ini.

3. Mengatasi Jerawat

Dalam jamu beras kencur mengandung senyawa antiradang dan dengan mengonsumsinya bisa membantu meringankan jerawat yang meradang. Kemudian dalam beras kencur terdapat senyawa antioksidan, vitamin B1, vitamin C, serta vitamin E yang bisa membantu bekas jerawat pudar dan menjaga kesehatan kulit.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beras kencur di dalamnya terkandung senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan dan bisa melawan radikal bebas serta meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi jamu beras kencur disebut bisa membuat kalian lebih sehat dan jarang terserang penyakit.

Itulah tadi beberapa manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia