blank
Bunga rosella. Fot: Pinteres

ROSELLA merupakan bunga dari tanaman Hibiscus sabdariffa. Bunga rosella tumbuh di negara tropis dan subtropis, contohnya Asia Tenggara dan Afrika Utara. Banyak yang mengeringkan bunga rosella untuk dijadikan teh karena mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

The rosella merupakan teh herbal yang dibuat dengan cara menyeduh bunga rosella yang telah dikeringkan ke air mendidih. Air seduhan dan bunga rosella akan bewarna merah gelap. Rasa teh bunga rosella mirip seperti buah cranberry, menyegarkan namun sedikit asam.

Penyajian teh rosella juga sangat mudah. Anda dapat menambahkan pemanis (seperti madu dan stevia) sesuai selera. Teh rosella dapat diminum saat panas maupun dingin.

Selain dijual dalam bentuk bunga kering, bunga rosella juga dijual dalam bentuk lain seperti kapsul dan serbuk. Oleh sebab itu, anda dapat memilih cara paling mudah untuk mengonsumsi bunga rosella.

Berikut ini manfaat bunga rosella untuk kesehatan tubuh yang dilansir oleh Health Line.

Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang mempunyai khasiat untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Anti oksidan yang tinggi pada bunga rosella bisa menangkal radikal bebas.

Salah satu antioksidan yang terkandung dalam bunga rosella adalah polifenol yang mampu menjadi zat antikanker.

Bedasarkan beberapa penelitian bunga rosella bisa menurunkan lemak dalam darah pemicu penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu, bunga rosella juga dapat meningkatkan kadar koresterol baik dan menurunkan kadar koresterol jahat dalam tubuh.

Menurut studi yang dipublikasikan NCBI tahun 2009 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh rosella secara rutin dalam kurun waktu enam minggu akan mengalami penurunan tekanan darah tingi yang signifikan.

Akan tetapi, teh rosella tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat diuretik (hydrochlorothiazide) yaitu obat untuk mengobati tekanan darah tinggi. Jika teh rosella diminum secara bersamaan dengan obat tersebut maka akan menimbulkan efek samping.

Bunga rosella dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi dalam tubuh manusia, seperti bakteri E. coli.

Dalam studi yang melibatkan orang obesitas, teh rosella bermanfaat untuk meningkatkan kondisi hepatik steatosis. Hepatik steatosis merupakan kondisi dimana terlalu banyak sel lemak pada liver. Kondisi tersebut dapat menyebabkan gagal hati jika tidak ditangani.

Teh rosella dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, diperlukan studi lanjutan untuk mengetahui dosis yang diperlukan untuk mendapatkan efek menurunkan berat badan seseorang.

Bunga rosella mempunyai khasiat menurunkan gula darah pada pasien diabetes 2. Pada studi yang dilakukan pada hewan pengerat, rosella mampu menurunkan gula darah pada hewan pengerat yang memiliki gula darah tinggi.

Teh bunga rosella merupakan minuman bebas kafein. Hal tersebut dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin minum–minuman sehat namun sedang mengurangi konsumsi kafein seperti teh dan kopi.

Aninda Eka Rahayu