blank
UKSW gelar English and Music Competition Day (EMCD) 2024. Foto: Dok/UKSW

Menyambut peserta dengan hangat, Dekan FBS Drs. Agastya Rama Listya, M.S.M., Ph.D., melalui sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas partisipasi para peserta. “Kiranya semua peserta dapat melakukan kompetisi dengan gembira. Perkenalan dan persahabatan merupakan hal yang penting, bukan hanya sekedar kompetisi,” pesannya.

Kegiatan ini diselenggarakan di dua tempat yaitu Gedung FBS, Kampus Kartini, juga Ruang Recital Hall yang terletak di Kampus Diponegoro. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat tersebut dengan tujuan para siswa dapat mengenal FBS lebih dekat.

Asah kemampuan dan percaya diri

Salah satu peserta asal SMAN 1 Lasem Keyla Cindy mengungkapkan perasaannya mengikuti lomba yang baru pertama kali diikutinya. “Saya sudah berlatih setiap hari dan saya sangat excited mengikuti lomba ini. Kegiatan ini mengasah kemampuan saya di bidang newscasting dan juga menambah relasi saya,” ujarnya.

Dijumpai pada kesempatan yang sama, guru pendamping SMAN 1 Lasem Dewi Sumarwati, S.Pd., mengungkapkan bahwa sekolahnya selalu menantikan kegiatan yang diselenggarakan FBS ini setiap tahunnya. “Dari tahun 2020 kami selalu mengikuti lomba ini. Kami senang karena murid dapat menunjukkan bakat dengan kualitas yang sangat bagus, peserta pun dari berbagai sekolah yang berkelas,” tutur guru pengampu bahasa Inggris tersebut.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kampus UKSW yang menjunjung tinggi toleransi di tengah pluralitas yang ada. Sejumlah alumni SMAN 1 Lasem juga melanjutkan studinya di UKSW.

Tak hanya siswa dan guru pendamping yang merasakan manfaat dari kegiatan ini. Salah satu orang tua peserta Eben Haezer Lalenoh, S.Th., M.A., Ph.D., juga mengungkap apresiasinya atas kegiatan ini. “Ini adalah kegiatan yang sangat positif. Tahun lalu anak saya menjadi runner up lomba story telling, dan kali ini sangat antusias mengikuti lomba ini lagi,” ungkap ayah dari Myrell Charitas Nararya Lalenoh peraih juara 1 story telling tersebut.

Dinyatakannya, lomba ini memberikan manfaat bagi putrinya untuk menambah kemampuan berbahasa Inggris dan juga meningkatkan kemampuan public speaking serta kepercayaan dirinya.