blank
UKSW gelar English and Music Competition Day (EMCD) 2024. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sukses menggelar English and Music Competition Day (EMCD) 2024, pada Sabtu (9/3/2024).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 98 peserta setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai daerah, khususnya di Pulau Jawa.

Datang dari berbagai daerah, peserta lomba diantaranya berasal dari SMAK Satya Wacana, SMAN 1 & 2 Salatiga, SMAK Tri Tunggal Semarang, SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMAK BPK Penabur Serang, SMA Kolese Loyola, SMAN 1 Lasem, SMA Santo Bernardus Pekalongan, SMA Karangturi Semarang, SMAN 1 & 3 Semarang, SMAN 3 Magelang, SMA YSKI Semarang, SMAN 1 Getasan, SMAN 1 Tengaran, SMA Islam Al Azhar 30 Salatiga, Destiny Institute, dan TEC Home School.

Antusiasme peserta begitu terasa saat mengikuti opening ceremony yang digelar di halaman depan Gedung FBS. Wajah sumringah penuh semangat ditunjukkan para siswa-siswi yang siap mengikuti kompetisi. Penampilan dengan berbagai kostum mengisyaratkan persiapan matang yang telah mereka lakukan.

Kali ini, acara yang digelar tahunan ini menghadirkan enam mata lomba. Lomba tersebut yaitu storytelling, newscasting, speech, band, solo vocal, dan sound poetry. Berbeda dari tahun sebelumnya, sound poetry adalah lomba yang baru pertama kali diadakan tahun ini.

Ketua Panitia EMCD Regina Funay mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi sarana bagi peserta untuk menggali bakat dan minat di bidang Bahasa Inggris dan Musik. “Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk menyalurkan kemampuannya di bidang tersebut,” bebernya.

Selain itu, kegiatan juga menjadi ajang pengenalan FBS kepada siswa-siswi supaya dapat mengenal program studi yang ada dengan lebih dekat. Dinyatakannya, FBS memiliki empat prodi yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Seni Musik, dan juga Magister Pendidikan Bahasa Inggris dengan dosen native dan non-native yang kompeten.