blank
Pola hidup sehat saat puasa bagi pekerja kantoran. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ada banyak cara yang bisa dilakukan bagi pekerja kantoran agar tetap sehat dan produktif selama menjalani ibadah puasa.

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka, dan tetap rutin berolahraga, kamu akan merasakan bugar walaupun kamu sedang menjalani puasa.

Pada umumnya, pekerja kantoran menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk dan menatap layar monitor setiap hari. Itulah mengapa dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat agar tubuh senantiasa fit dan bugar.

Melansir dari Halodoc, ini yang perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat, dan pekerjaan serta ibadah puasa tetap berjalan lancar saat menjalankan puasa.

1. Usahakan untuk selalu makan sahur
Hal paling penting yang perlu kamu lakukan agar tetap sehat untuk bekerja selama berpuasa adalah selalu makan sahur. Sama halnya seperti sarapan, sahur juga berperan penting untuk memberikan nutrisi dan energi yang kamu butuhkan untuk berpuasa sepanjang hari.

Pilihlah sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, dan oat yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Konsumsi juga makanan sumber protein, misalnya telur, keju, ataupun daging rendah lemak untuk menambah energi tubuh.

Lengkapi juga asupan gizi kamu dengan makan buah dan sayur-sayuran yang kaya akan serat. Tujuannya supaya sistem pencernaan kamu tetap lancar.

2. Menjaga dan mengatur asupan makanan
Berbagai macam hidangan buka puasa yang lezat yang dijajakan di sekitar kantor memang terlihat menarik dan menggiurkan. Namun, kamu dianjurkan untuk bijak dalam memilih makanan yang kamu konsumsi, baik saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Menyantap makanan yang enak-enak saja tanpa memperhatikan porsi dan nilai gizinya, bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan selama berpuasa nanti. Cobalah untuk menahan diri agar tidak kalap menyantap makanan secara berlebihan saat buka puasa. Sebaiknya, makanlah sesuai porsi kebutuhanmu dan makan beragam jenis makanan agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

3. Penuhi kebutuhan cairan harian
Selain asupan makanan, kebutuhan cairan tubuh juga harus kamu perhatikan selama puasa. Kamu dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih (2-3 liter) setiap hari.