blank
ilustrasi . Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cumi-cumi merupakan kelompok hewan cephalopoda besar, termasuk salah satu hewan dalam golongan invertebrata (tidak bertulang belakang). Cumi-cumi diketahui mengandung beragam nutrisi seperti kalori, air, protein, kalsium, natrium, fosfor, kalium, beta karoten, vitamin B12, dan vitamin E yang baik untuk tubuh manusia.

Nutrisi tersebutlah yang membuat cumi-cumi menjadi makanan yang menyehatkan. Kandungan-kandungan tersebut membantu sirkulasi darah yang sehat dan menjaga kestabilan detak jantung.

Kolesterol dalam cumi-cumi sebenarnya relatif rendah, terutama jika dibandingkan dengan beberapa jenis makanan laut lainnya. Namun, perlu diingat bahwa kandungan kolesterol dalam cumi-cumi dapat meningkat ketika dimasak dengan cara digoreng atau ditambahkan bumbu-bumbu tinggi lemak.

Baca Juga: Mangandung Banyak Vitamin B12, Ini Tiga Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan

Beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial Tiktok mengenai seseorang yang memesan menu makanan olahan dari baby cumi-cumi atau cumi-cumi berukuran kecil. Akan tetapi, ketika pesanananya tersebut datang justru cumi-cumi yang didapatkan berukuran cukup kecil.

Sebagai salah satu satwa laut yang lazim dikonsumsi. Cumi-cumi memang terkenal sebagai salah satu sumber pangan dengan nilai gizi yang cukup besar. Hewan yang didentik dengan tentakel di bagian kepalanya ini juga diketahui memilki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat mengonsumsi cumi-cumi bagi kesehatan.

1. Mampu Menurunkan Kadar Kolestrol

Melansir dari situs halodoc.com, daging cumi-cumi diketahui merupakan salah satu sumber pangan yang cukup rendah lemak. Hal ini dikarenakan dalam 100 gram daging cumi-cumi hanya mengandung sekitar 1,2 mg lemak.

Baca Juga: Tiga Pemanfaatan Limbah Nasi Basi yang Jarang Diketahui

Hal ini, yang membuat cumi-cumi dapat membantu seseorang untuk menurunkan kadar kolestrol. Selain itu, cumi-cumi juga kaya akan kandungan omega-3, magnesium dan sodium. Mengonsumsi daging cumi-cumi juga dipercaya dapat menyehatkan kinerja jantung karena kandungan lemak jenuhnya yang sangat minim.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain kaya akan kandungan protein, daging cumi-cumi juga kaya akan kandungan mineral lainnya seperti fosfor, kalsium dan magnesium. Melansir dari laman hellosehat.com, kandunga-kandungan mineral tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi. Selain itu, daging cumi-cumi juga memiliki kandungan mineral selenium.

Selenium sendiri cukup berguna bagi tubuh sebagai pembangun anti oksidan guna menangkal radikal bebas. Kandungan fosfor yang terdapat pada cumi-cumi selain berguna bagi pembentukan dan penguatan jaringan tulang dan gigi, juga dapat membantu penggantian sel-sel tubuh yang rusak akibat cedera ataupun luka.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Jantung, Lima Manfaat biji Alpukat Bagi Kesehatan

3. Tinta Cumi-cumi Diketahui Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Selain bagian daging, ternyata tinta cumi-cumi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satunya adalah sebagai pengatur tekanan darah dalam tubuh. Melansir dari artikel yang terbit dalam “Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia”, tinta cumi-cumi yang berwarna hitam dapat digunakan sebagai pewarna alternatif yang lebih sehat daripada pewarna makanan sintetis.

Tinta cumi-cumi juga mengandung senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah agar aliran darah lebih lancar. Keistimewaan senyawa dalam tinta cumi-cumi inilah yang disinyalir dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi daging cumi-cumi bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia