blank
Ilustrasi buah alpukat yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Alpukat atau dengan nama latin Persea americana Milll merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Alpukat juga menjadi salah satu tanaman pepohonan yang banyak ditemukan pada negara tropis seperti Indonesia.

Buah Alpukat mengandung 20 vitamin, nutrisi dan phytonutrients sehingga menjadi sumber makanan yang baik untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh termasuk kolesterol. Selain itu, alpukat dapat menurunkan kadar gula darah pada diabetes mellitus tipe 2 dan menurunkan kadar sodium di dalam darah.

Alpukat memang merupakan salah satu makanan tinggi serat dan kalium yang dapat mengoptimalkan fungsi pencernaan. Di samping itu, alpukat juga termasuk dalam makanan rendah fruktosa, sehingga tidak berisiko menimbulkan penumpukan gas dan aman dikonsumsi oleh orang dengan riwayat penyakit asam lambung.

Baca Juga: Jadi Sumber Asam Float, Ini 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Dilansir dari Suara.com selain dagingnya, biji buah alpukat ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Meski begitu, tak banyak orang yang mengetahui akan manfaat ini. Dalam biji buah alpukat mengandung beragam jenis senyawa fitokimia alami yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, hingga anti jamur.

Beberapa kandungan tersebut diantaranya yaitu fenolik, procyanidins, katekin, flavonol, asam hidroksi sinamat, asam hidroksi benzoat, terpenoid, phenylpropanoid, alkaloid, fitosterol, serta tokoferol.

Lantas, seperti apa penjelasan tentang manfaat biji alpukat bagi kesehatan? Berikut lima di antaranya disadur dari Food Chemistry dan sumber lain.

Baca Juga: Selain Tinggi Serat, Ini 6 Manfaat Alpukat yang Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Efek antioksidan dari senyawa fitokimia pada buah alpukat mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi inflamasi, dan memelihara kesehatan jantung. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh pada biji alpukat juga bisa mengurangi kadar lemak jahat (LDL) yang terkait dengan kesehatan jantung manusia.

2. Melawan Infeksi Jamur

Biji alpukat juga terbukti ampuh dalam menghambat pertumbuhan jamur pemicu infeksi, terutama Candida albicans. Sebenarnya jamur ini tidak berbahaya bagi tubuh selama berada dalam jumlah yang normal.

Namun, pada beberapa kondisi tertentu jamur dapat berkembang biak secara tak terkendali sehingga menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan, misalnya sariawan, infeksi vagina, infeksi kulit, dan infeksi saluran pencernaan.

Baca Juga: Tak Cuma Nikmat, Teh Daun Alpukat Juga Banyak Manfaat

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar UV dan radikal bebas dari polusi udara merupakan pemicu utama kerusakan kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi agar dapat menghalau serangan radikal bebas serta melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

Salah satu jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah biji alpukat. Pasalnya, biji alpukat mengandung senyawa fenolik yang bersifat antioksidan.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tak hanya menjaga kesehatan kulit, senyawa fenolik pada biji alpukat juga terbukti ampuh menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam pemecahan karbohidrat menjadi glukosa dalam proses pencernaan. Alhasil, laju penyerapan gula dari makanan ke dalam aliran darah dapat berkurang secara signifikan.

Baca Juga: Resep Takjil Berbuka Puasa Es Alpukat Milo

5. Mencegah Kanker

Biji alpukat juga memiliki peranan penting untuk mencegah kanker. Hal ini berkat kandungan katekin yang terkandung didalamnya. Katekin merupakan senyawa yang bersifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif.

Biji alpukat memiliki tekstur yang keras sehingga harus diolah terlebih dahulu. Caranya dengan mengeringkan biji dalam oven dengan suhu tinggi. Setelah kering, Anda perlu menghaluskan biji dalam blender atau food processor sampai menjadi bubuk atau ekstrak. Kemudian, bubuk tersebut baru bisa Anda konsumsi sebagai sebagai tambahan smoothie, jus, teh, atau saus.

Itulah tadi pembahasan tentang lima manfaat biji alpukat bagi kesehatan, semoga bermanfaat!

Claudia