blank
Ilustrasi buah alpukat yang baik untuk ibu hamil. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Alpukat atau dengan nama latin Persea americana merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain.

Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Kandungan mineral, protein, serat, lemak sehat, dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi buah Alpukat dapat membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

Salah satu manfaat alpukat untuk wanita, yaitu dapat mengurangi kerutan pada wajah. Hal ini disebabkan alpukat kaya dengan vitamin yang membantu kulit lebih sehat. Manfaat alpukat untuk wanita ini karena memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang bisa membantu menyehatkan kulit dan menunda penuaan dini.

Baca Juga: Selain Tinggi Serat, Ini 6 Manfaat Alpukat yang Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Selain itu, alpukat juga buah yang enak serta mengandung beragam vitamin dan nutrisi penting bagi tubuh. Di ataranya adalah zat besi, folat, vitamin A, vitamin C, dan masih banyak yang lainnya. Dilansir dari Suara.com dengan lengkapnya kandungan tersebut, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyehatkan ibu dan janin.

Dilansir dari hellosehat.com berikut adalah 5 manfaat buah alpukat bagi kesehatan ibu hamil.

1. Sebagai sumber antioksidan

Buah alpukat mengandung antioksidan likopen dan beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan adanya kandungan ini, alpukat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena antioksidan ini mampu meningkatkan regenerasi sel reproduksi di dalam tubuh.

2. Menjadi sumber asam folat

Perlu diketahui bahwa asam folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena nutrisi ini berfungsi untuk memproduksi sekaligus menjaga sel-sel baru, sehingga dapat mencegah kecacatan pada janin.

Baca Juga: Tak Cuma Nikmat, Teh Daun Alpukat Juga Banyak Manfaat

Terutama pada masa trimester pertama kehamilan, asam folat sangat diperlukan oleh janin karena sistem saraf pusat bayi sedang memulai proses pembentukan pada masa ini. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mendapatkan asupan folat yang cukup, agar kesehatan janin dan ibu hamil lebih terjaga. Nah, salah satu sumber asam folat yang cukup baik adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat.

3. Membantu mempercepat penyerapan nutrisi

Buah alpukat mengandung begitu banyak vitamin dan nutrisi penting yang lainnya. Namun tak hanya itu saja, ternyata beragam kandungan tersebut juga bermanfaat untuk membantu tubuh agar mampu menyerap nutrisi dari makanan lain dengan lebih baik lagi.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Nutrution Journal menyebutkan bahwa mengkonsumsi alpukat akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap karotenoid yang berasal dari sayur-sayuran.

Baca Juga: 6 Jenis Sarapan yang Bisa Bikin Awet Muda, Simak yuk…

4. Mencegah dan meringankan kram

Manfaat selanjutnya dari buah alpukat adalah untuk membantu mengatasi kram yang kerap dialami oleh ibu hamil. Manfat ini diperoleh berkat adanya kandungan kalium, kalsium, dan magnesium dalam buah ini. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung, atau mengkonsumsi suplemen yang terbuat dari alpukat.

5. Membantu mengontrol tekanan darah

Mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu ibu hamil dalam mengontrol tekanan darah, karena adanya kandungan magnesium dan kalium dalam buah ini. Manfaat ini akan sangat membantu bagi ibu hamil yang memiliki potensi hipertensi gestasional.

Itulah 5 manfaat buah alpukat bagi kesehatan ibu hamil, semoga bermanfaat.

Claudia