blank
Sneakers putih. Foto: Dok/Pixabay

2. Memakai Penghapus Khusus Sepatu
Penghapus khusus sepatu dirancang untuk membersihkan noda di sepatu. Benda yang teksturnya cenderung mirip dengan penghapus pensil ini bisa menghapus berbagai noda di sepatu yang terbilang ringan. Misalnya, sedikit noda tanah di sepatu putih bisa dibersihkan dengan penghapus ini. Akan tetapi, penghapus khusus sepatu tergolong sulit ditemukan di pasaran dan hasilnya pun tidak sebersih mencuci sepatu dengan deterjen.

3. Menggunakan Cuka
Bahan untuk menghilangkan noda membandel di sepatu sneaker putih juga dapat dijumpai di dapur kita lho. Ambil cuka putih yang biasa dipakai untuk memasak. Manfaatkan cuka untuk mengatasi noda di sepatu sneaker. Cara membersihkan dan menghilangkan noda di sepatu putih dengan cuka adalah dengan menuangkan cuka ke kain bersih, lalu gosok noda di sepatu dengan kain tersebut. Gosok secara perlahan sampai noda di sepatu putih kamu hilang.

4. Menggunakan Shampo
Jika sneaker putih terkena noda yang mengandung minyak, seperti kuah makanan atau oli, kamu dapat menggunakan sampo rambut untuk membersihkannya. Caranya cukup mudah, tuangkan sampo secukupnya di bagian sepatu yang ternoda, lalu gosok dengan sikat gigi bekas sampai mengeluarkan busa. Pastikan kamu menggosok sepatu sampai noda minyaknya benar-benar hilang. Setelah itu, lanjutkan dengan membilas sepatu menggunakan air hangat.

5. Menggunakan Deterjen Cair (Mesin Cuci)
Siapa bilang sneaker tidak bisa dicuci di dalam mesin cuci? Jika noda membandel di sepatu putih tak kunjung hilang dan kamu kehabisan cara untuk membersihkannya, cobalah mencucinya dengan deterjen cair di dalam mesin cuci.

Caranya, satu hari sebelum mencuci sneaker, taburkan 3 sdm soda kue di setiap sneaker, tepatnya di bagian yang ternoda. Diamkan semalaman dan bilas sneaker di pagi harinya.