blank
Proses sortir surat suara Pemilu di Kabupaten Kudus. Foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebanyak 1.778 surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Kudus ditemukan mengalami kerusakan. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan proses sortir dan pelipatan yang saat ini tengah dilakukan.

Kerusakan surat suara yang terjadi cukup beragam diantaranya ada yang sudah robek, salah cetak hingga ada bagian gambar yang tidak sesuai.

Ketua KPU Kabupaten Kudus Ahmad Amir Faisol menyampaikan hingga hari kedua proses sortir dan pelipatan surta suara Presiden, telah ditemukan 1.778 surat suara yang rusak dari total surat suara yang diterima.

“Dari hasil sortir sementara, 208.836 surat suara dalam kondisi baik dan 1.779 surat suara dalam kondisi rusak,”ujar Faisol, Jumat (12/1).

Faisol menyatakan, proses sortir dan lipat akan terus berlangsung. Diperkirakan dalam dua atau tiga hari ke depan prosea sortir dan lipat surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden bisa selesai.

“Untuk surat suara yang rusak akan dihitung dan dibuatkan berita acara dan nantinya dimintakan pengganti dari percetakan,”paparnya.

Ali Bustomi