blank
jamurt kancing yang kaya akan antioksidan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jamur kancing atau dengan nama lain Agaricus bisporus atau yang juga dikenal sebagai champignon merupakan jenis jamur tertua dan yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Jamur ini banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki kandungan nutrisi yang kompleks, yaitu karbohidrat, protein, serat, dan berbagai macam vitamin serta mineral.

Untuk bentuk dari jamur kancing ini bulat, mempunyai batang kecil, tudung yang lembut dan rasa yang ringan. Kemudian jamur ini juga hampir sama dengan jamur portobello, meskipun bedanya jamur portobello lebih matang sehingga dari segi ukuran pun lebih besar.

Jamur kancing memiliki kandungan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, jamur kancing juga rendah lemak dan kolesterol, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep: Tumis Jamur Tiram

Jamur kancing mengandung banyak nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, polisakarida, selenium, dan vitamin C. Dengan kandungan tersebut, jamur kancing dilaporkan oleh ahli dapat menurunkan risiko kanker.

Selain bisa diolah menjadi makanan yang lezat untuk disantap, jamur kancing atau yang mempunyai nama lain jamur champignon ini memang mempunyai cita rasa yang gurih apabila dicampurkan ke dalam berbgai hidangan.

Hal ini tentu sangat baik dalam meningkatkan asupan protein harian, jika kamu tidak mengonsumsi daging. Seperti dirangkum dari nutriflakes, berikut ini adalah beberapa manfaat jamur kancing bagi kesehatan:

Baca Juga: Resep: Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

1. Sumber nutrisi

Jamur kancing mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk protein, serat, vitamin B kompleks (seperti riboflavin, niacin, dan asam folat), serta mineral seperti selenium, potassium, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjalankan berbagai fungsi biologis.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamur kancing mengandung senyawa bioaktif seperti beta-glukan dan lentinan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beta-glukan diketahui memiliki efek imunomodulasi, sehingga dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jamur kancing rendah lemak dan kolesterol serta kaya akan serat. Konsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Cara Bersihkan Gelas Kaca dari Jamur

4. Menyediakan antioksidan

Dalam jamur kancing mengandung senyawa antioksidan seperti ergotionein dan glutation. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Baik untuk pencernaan

Kandungan serat dalam jamur kancing membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat makanan dapat meningkatkan pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

6. Menyediakan vitamin D

Jamur kancing yang terkena sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Baca Juga: Tips Menyimpan Kurma, agar Tidak Cepat Busuk dan Jamuran

7. Sumber protein nabati

Bagi orang yang menjalani diet vegetarian atau vegan, jamur kancing dapat menjadi sumber protein nabati yang bergizi. Protein dalam jamur kancing relatif tinggi dan dapat menjadi alternatif yang baik untuk protein hewani.

Itulah tadi beberapa manfaat jamur kancing bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Claudia