blank
Ilustrasi ikan pari. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan pari merupakan salah satu spesies ikan air asin yang cukup lumrah dikonsumsi oleh manusia. Meskipun beberapa spesies ikan pari diketahui telah terancam punah, namun pemancingan terhadap jenis ikan pari tertentu masih diizinkan dengan beberapa aturan yang berlaku.

Daging ikan pari dikenal memiliki tekstur dan rasa yang cukup berbeda dibandingkan daging ikan-ikan laut lainnya.

Ikan pari mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Seperti lemak, protein, kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, fosfor, zinc, zat besi, vitamin B dan vitamin D.

Baca Juga: Selain Dapat Mencegah Anemia, 5 Manfaat Daging Kambing yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu manfaat utama mengonsumsi ikan pari adalah dampak positifnya terhadap kesehatan jantung. Ikan pari kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Omega-3 membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kelenturan pembuluh darah, dan mengatur tekanan darah.

Selain itu, mengonsumsi ikan yang diketahui masih kerabat jauh dari ikan hiu ini juga memiliki manfaat bagi tubuh. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat mengonsumsi daging ikan pari bagi kesehatan.

1. Sumber Tinggi Protein

Selazimnya hasil laut lainnya, ikan pari diketahui merupakan salah satu spesies ikan yang kaya akan kandungan protein hewani. Melansir dari situs halodoc.com, kandungan protein ikan pari per 100 gramnya adalah sekitar 20 gram. Jumlah ini tentunya cukup besar apabila dibandingkan dengan beberapa spesies ikan laut yang lazim dikonsumsi lainnya.

Baca Juga:Dibuang Sayang, Tiga Barang Limbah Ini Ternyata Punya Banyak Manfaat

Selain itu, mengonsumsi ikan pari dengan total 200 gram per harinya diyakini dapat memenuhi lebih dari 50% kebutuhuan protein orang dewasan menurut nilai AKG (Angka Kecukupan Gizi). Kandungan fosfor dari daging ikan pari juga diketahui cukup bermanfaat untuk merangsang sel-sel protein dalam tubuh yang berguna bagi sistem metabolisme.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain kaya akan protein, kandungan fosfor dan kalsium dalam daging ikan pari juga cukup besar. Melansir dari data yang dirilis oleh USDA Food Data Central, kandungan kalsium per 200 gram daging ikan pari segar sekitar 8-10 mg dan kandungan fosfornya sekitar 340 mg.

Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi inilah yang diyakini cukup bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, daging ikan pari juga kaya akan mineral lain seperti kalium, magnesium dan thiamin meskipun dengan jumlah yang tidak terlalu besar.

Baca Juga:Menjadi Bahan Aromatic Dalam Masakan, Ini 3 Manfaat Rosemary bagi Kesehatan

3. Mengurangi Risiko Anemia

Daging ikan pari juga diketahui cukup bermanfaat guna mencegah anemia. Melansir dari situs alodokter.com, daging ikan pari yang dikenal lembut memiliki kandungan zat besi dan vitamin B-12 yang baik untuk menjaga kadar sel darah merah agar tetap stabil dan menghindarkan dari risiko anemia. Selain itu, daging ikan pari juga memiliki kandungan omega-3 yang cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi daging ikan pari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia