blank
Paslon Pilketos SMP Negeri 1 Garung Wonosobo memasukan kartu suara ke kotak suara. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Civitas akademika SMP Negeri 1 Garung Wonosobo, Senin (30/10/2023), sukses menggelar Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) periode 2023-2024 di halaman sekolah setempat.

Pilketos dikemas cukup unik, karena layaknya pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres), yang berlangsung secara langsung, umum, bebas dan rahasia (luber).

Prosesi pemilu Osis tersebut diawali dengan laporan pertanggungjawaban (LPJ) Ketua Osis lama, musyawarah perwakilan kelas (MPK) untuk penjaringan pasangan calon Ketua-Wakil Ketua Osis.

Proses selanjutnya, yakni test online, wawancara dan pengumuman bakal calon, persiapan kampanye (mentoring), kampanye tertutup di kelas, kampanye terbuka, hari tenang, pencoblosan dan perhitungan suara.

Pemilih Pilketos seluruh siswa ditambah guru dan karyawan SMP Negeri 1 Garung. Proses pemungutan suara didahului dengan pengambilan kartu suara bergambar pasangan calon dan pencoblosan kartu pasangan calon di bilik suara.

Tahap selanjutnya yakni pemilih memasukan kartu suara yang telah dicoblos ke kotak suara yang tersedia dan penceluban jari pemilih ke tinta, sebagai bukti warga sekolah telah menggunakan hak pilihnya.

Hasil Pilketos

blank
Kepala SMP Negeri 1 Garung Wonosobo Slamet Riyadi setelah menggunakan hak pilihnya. Foto : SB/Muharno Zarka

Setiap proses pemilihan dijaga oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pilketos. Selama berlangsung pesta demokrasi di sekolah, tiga pasangan calon duduk di kursi yang telah disiapkan petugas KPPS.

Adapun pasangan calon Pilketos, yakni nomer urut 1 Ahmat Faqeh Rozak-Anggita Maulida, no urut 2 Leica Ayu Prameswari-Sohihul Hadijah dan no urut 3 Khariza Cahya Fajri-Jibril Aufa Makarim.

Kepala SMP Negeri 1 Garung Slamet Riyadi mengungkapkan pelaksanaan Pilketos merupakan wujud demokrasi di sekolah. Pilketos sengaja digelar layaknya Pilkada dan Pilpres sebagai pembelajaran demokrasi secara langsung kepada siswa.

“Pilketos dilakukan dengan penuh kebebasan dan kegembiraan. Setiap siswa, guru dan karyawan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani. Tidak ada unsur paksaan. Pelaksanaan Pilketos akan menentukan program kerja Osis satu tahun ke depan.

Dari hasil pemungutan dan perhitungan suara, pasangan Rozak-Anggita memperoleh 362 suara, paslon Leica-Shohi mendapatkan 260 suara dan Kharisa-Jibril meraih 164 suara. Seluruh pemilih menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Dengan demikian pasangan no urut 1 Rozak-Anggita keluar sebagai pemenang dan terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Osis SMP Negeri 1 Garung Wonosobo untuk masa jabatan periode tahun 2023-2024 mendatang.

Muharno Zarka