blank
Ilustrasi daging kambing yang kaya manafaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daging kambing merupakan sumber protein hewani yang memiliki tekstur dan rasa seperti daging sapi, terutama yang berasal dari kambing yang masih sangat muda. Daging kambing mengandung sumber protein hewani yang tinggi vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, zat besi, dan seng.

Manfaat mengonsumsi daging kambing yang penting diketahui yakni sebagai salah satu asupan makanan untuk menambah massa otot. Hal ini karena daging kambing secara lebih banyak mengandung protein berkualitas. Protein yang tinggi di dalam daging kambing cukup tepat untuk dikonsumsi.

Sebenarnya, daging kambing jadi daging yang dianggap paling sehat di antara daging merah lainnya. Berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS, daging kambing (per 100g) menghasilkan kalori paling sedikit dibandingkan daging ayam, sapi, babi, dan domba.

Baca Juga: Jadi Menu Andalan saat Idul Adha, Ini 4 Masakan yang Sering Disajikan

Sebab, kandungan lemak di dalamnya cukup rendah dan masih mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan, jumlah protein pada daging kambing hampir sama dengan daging sapi dan ayam. Tidak heran kalau daging kambing menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah itu?

Berikut ini adalah sederet manfaat daging kambing untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Mencegah Anemia

Manfaat daging kambing yang sayang dilewatkan adalah dapat mencegah anemia berkat kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi adalah nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam sel darah merah, di mana sel darah merah bisa mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Ini 4 Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Daging Menggunakan Bahan Alami

Tubuh yang kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, tapi tubuh manusia tidak dapat menghasilkan zat besi sendiri. Itu mengapa Anda perlu mendapatkan zat besi dari makanan, seperti daging kambing untuk mencegah anemia.

2. Memelihara kesehatan otot

Daging kambing dapat memelihara kesehatan otot. Daging kambing kaya akan protein yang tidak jauh berbeda dengan daging merah lainnya, di mana protein dalam daging kambing menyediakan semua asam amino esensial yang diperlukan kesehatan dan perkembangan tubuh. Anda membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan juga memelihara kesehatan otot.

Tidak hanya itu saja, tubuh juga akan memanfaatkan protein pada daging untuk memperbaiki jaringan yang rusak, terutama pada otot. Untuk itu, asupan protein harian yang cukup akan membantu memelihara kesehatan otot dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Tips Mengolah Daging Domba Agar Empuk dan Lezat

3. Memiliki kalori lebih sedikit dibanding daging merah lainnya

Kandungan lemak pada daging kambing secara keseluruhan lebih rendah dibandingkan daging merah lainnya. Itu artinya, daging kambing memiliki kalori yang lebih sedikit yang mungkin baik untuk berat badan Anda. Jadi, konsumsi daging kambing sesekali dalam pola makan Anda bisa jadi dapat mengurangi risiko obesitas.

4. Mengelola tekanan darah

Konsumsi daging kambing secara wajar ternyata bisa mengelola tekanan darah hingga mencegah penyakit jantung. Daging kambing mengandung kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging merah lainnya, sementara itu kolesterol dan lemak jenuh yang rendah pada makanan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Jadi, Anda bisa mencoba berbagai kreasi daging kambing untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, tetapi dalam batas wajar.

Baca Juga: Cegah Bakteri Baik Hilang, Ini 3 Tips Mencairkan Daging Ayam Beku Dengan Benar

5. Kaya akan kalium

Daging kambing juga kaya akan kalium yang menawarkan manfaat untuk kesehatan tulang Anda. Asupan kalium yang terlalu sedikit dapat meningkatkan tekanan darah dan menguras kalsium dalam tulang, di mana hal ini tentu bisa memicu berbagai masalah tulang, seperti osteoporosis.

Nah, kandungan kalsium pada daging kambing setidaknya cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan harian Anda. Untuk mendapatkan tulang yang kuat, penuhi kebutuhan mineral, seperti kalium dan kalsium, melalui konsumsi daging.

Itulah sederet manfaat daging kambing untuk kesehatan yang perlu diperhatikan. Tapi ingat, pastikan Anda memilih daging kambing yang tepat.

Claudia