blank
Ilustrasi daging. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sebelum merayakan hari raya Idul Adha atau hari raya Kurban tentunya membuat banyak umat muslim sibuk dengan mempersiapkan segala keperluannya. Hari raya Idul Adha ini memang identik dengan perayaan kurban yang dimana seseorang muslim yang mampu akan melakukan pemotongan hewan kurban seperti sapi, domba atau kambing dan akan dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Tentunya beberapa orang yang menerima daging kurban tersebut umumnya akan langsung memasak daging tersebut. Mungkin ketika memasak daging tersebut, salah satu permasalahan yang sering ditemui adalah cara menghilangkan aroma amis pada daging.

Belum lagi beberapa jenis daging seperti kambing atau sapi memiliki aroma yang cukup kuat. Dilansir dari Suara.com, berikut 4 bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging.

Baca Juga: Tips Mengolah Daging Domba Agar Empuk dan Lezat

1. Nanas

Buah nanas memang menjadi salah satu cara yang paling populer dalam menghilangkan aroma menyengat pada daging. Melansir dari situs dinkes.mojokerto.go.id, penggunaan buah nanas selain dapat mengempukkan daging juga dapat membuat aroma amis pada daging menjadi hilang.

Caranya cukup mudah, kamu cukup memarut dan memeras buah nanas hingga sari dari buah tersebut keluar. Lalu cukup dengan membalurkan sari beserta ampas nanas tersebut ke permukaan daging dan didiamkan selama beberapa menit.

Cara ini terkenal cukup ampuh untuk menetralisir aroma menyengat pada daging. Bahkan, untuk jenis daging dengan aroma kuat seperti daging kambing atau domba.

Baca Juga: Mau Bikin Sate Sapi Empuk Pakai Daun Pepaya? Simak Resep di Bawah Ini!

2. Menggunakan Beberapa Rempah-rempah

Cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan aroma amis dan tajam pada daging adalah dengan membaluri permukaan daging tersebut dengan beragam rempah-rempah.

Melansir dari situs dijtenpkh.pertanian.go.id, penggunaan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, merica, kunyit dan beberapa rempah lainnya yang telah dihaluskan dapat mengurangi aroma tajam di daging.

Selain dapat mengurangi aroma tajam tersebut, pemberian rempah-rempah tersebut juga sekaligus dapat memberikan citarasa terhadap daging sebelum nantinya akan diolah.

Baca Juga:Tips Memasak Daging Kambing

3. Daun Jati

Cara ini memang terdengar kuno, akan tetapi penggunaan daun-daunan seperti daun jati untuk mengurangi aroma tajam pada daging memang masih dapat ditemui hingga sekarang.

Melansir dari situs fimela.com, cara menghilangkan aroma tajam pada daging dengan daun jati cukup dengan membungkus daging tersebut di dalam daun jati yang telah diikat selama beberapa menit.

Beberapa orang menyakiti kandungan senyawa yang terdapat pada daun jati dapat mengurangi aroma tajam pada daging sekaligus dapat mengempukkan daging tersebut. Cara ini umumnya menggunakan daun jati yang masih segar atau yang masih baru dipetik.

Baca Juga: Cegah Bakteri Baik Hilang, Ini 3 Tips Mencairkan Daging Ayam Beku Dengan Benar

Di beberapa tempat, bahkan penyaluran daging kurban masih menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya daripada kantong plastik guna membantu menetralisir aroma tajam daging tersebut.

4. Air Lemon atau Jeruk Nipis

Cara ini tentunya cukup familiar digunakan oleh masyarakat Indonesia. Air lemon atau jeruk nipis memang sering digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada daging.

Caranya cukup mudah, kamu cukup memeras air dari lemon atau jeruk nipis dan kemudian membalurkannya di atas permukaan daging yang akan diolah, lalu diamkan beberapa saat daging tersebut agar aroma amis pada daging menjadi berkurang.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pilih! 3 Tips Membedakan Daging Sapi dan Kambing yang Wajib Kamu Tahu

Melansir dari situs briliofood.net, cara ini juga ampuh untuk mengempukkan daging karena kandungan asam dalam air jeruk lemon tersebut dapat berfungsi sebagai pemecah protein dalam daging.

Nah, itulah beberapa cara yang lazim digunakan masyarakat untuk menghilangkan aroma menyengat atau bau amis pada daging. Semoga bermanfaat.

Claudia