Ilustrasi daging kambing. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daging kambing dan daging sapi merupakan daging yang populer dikonsumsi oleh banyak orang. Jika diperhatikan sekilas, kedua jenis daging ini tampak sama dan terlihat mirip. Sehingga kerap kali membuat bingung dan kadang keliru menyebutkannya.

Daging kambing ialah salah satu jenis daging yang berasal dari jenis ternak ruminansia kecil yaitu kambing, yang memiliki karakteristik warna daging lebih gelap dibanding warna daging sapi (light red to brick red), serat yang halus dan lembut, mempunyai bau yang lebih keras jika dibandingkan daging sapi, lemak

Daging merah adalah daging yang tinggi akan kandungan mioglobin, yakni jenis protein yang banyak ditemukan pada otot. Contoh daging merah adalah daging sapi, domba, kambing, atau babi.

Baca Juga:Tips Memanggang Daging Agar Matang Sempurna

Jika dibandingkan dengan daging sapi, ternyata daging kambing memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang relatif lebih rendah. Pasalnya, satu porsi 100 gram daging kambing yang dimasak mengandung 143 kalori, 27 gram protein, 3 gram lemak, 3,7 miligram zat besi, 86 miligram natrium, dan 75 miligram kolesterol.

Namun, ternyata terdapat perbedaan tertentu yang bisa ditemukan. Mulai dari warna, tekstur, hingga aromanya yang berbeda. Oleh sebab itu, sebelum mengolahnya menjadi makanan yang lezat, penting sekali untuk mengetahui perbedaan kedua daging tersebut. Melansir dari sehatQ, inilah beberapa cara membedakan daging kambing dan daging sapi.

1. Aroma

Dari segi aroma, kedua daging ini jelas ketara perbedannya. Jika daging kambing memiliki aroma yang kuat atau biasa disebut bau prengus, sehingga ada teknik tersendiri ketika mengolahnya agar bau tersebut bisa hilang.

Baca Juga:Idul Adha Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Menghilangkan Bau Prengus dari Daging Kambing

Namun untuk daging sapi memiliki aroma tidak terlalu amis dan kuat sehingga akan lebih mudah dimasak ketimbang daging kambing.

2. Warna

Meski sekilas tampak mirip, namun keduanya memiliki perbedaan warna yang bisa diamati. Daging sapi memiliki warna yang tampak lebih gelap, hal ini karena kandungan zat besi serta mioglobinnya tinggi. Sebaliknya, untuk daging kambing tampak lebih pucat.

3. Tekstur

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari segi tekstur daging. Daging kambing memiliki tekstur yang kasar karena memiliki serat yang tebal. Selain itu daging kambing memiliki tekstur yang lebih empuk.

Sebaliknya, daging sapi memiliki serat yang lebih kecil renggang, selain itu dagingnya juga cenderung kenyal.

Baca Juga:Benarkah Pengidap Darah Tinggi Dilarang Makan Daging Kambing?

4. Lemak

Untuk daging sapi memiliki garis putih lemak yang panjang. Sebaliknya, daging kambing tidak memilikinya. Namun daging kambing memiliki gumpalan lemak yang terdapat pada bagian tertentu.

5. Rasa

Yang terakhir adalah dari segi rasa. Beberapa daging yang diolah dengan masakan tertentu, akan lebih mudah mengenali perbedaannya karena rasanya memang berbeda.

Jika daging sapi memiliki rasa yang lebih gurih, sedangkan untuk daging kambing rasanya khas dan memiliki aroma kuat.

Itulah beberapa cara membedakan daging kambing dan daging sapi. Kedua daging tersebut bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Namun perlu diperhatikan juga batasan untuk mengonsumsinya agar tidak berlebihan.

Claudia